Pengalaman Di Mandiri Entreprenuer Centre

3 min read

Mandiri Entrepreneur Center (MEC) adalah Program pendidikan dan pelatihan siap kerja untuk anak-anak yatim lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat.

Program ini bertujuan untuk memberikan keterampilan khusus bagi adik-adik Yatim Purna Asuh guna mencetak tenaga ahli dibidangnya, berjiwa entrepreneurship yang memiliki karakter pribadi muslim yang jujur, amanah, dan profesional.

 Lokasi Mandiri Entrepreneur Center

 

Lokasi

Sumber : Pixabay.com

Mandiri Entrepreneur CenterDi tempat inilah saya belajar tentang hal dunia dan hal agama tepatnya di Jalan Jambangan No.70, Jambangan, Kec. Jambangan, Kota Surabaya, Jawa Timur.

 

Sekilas Mandiri Entrepreneur Center

 

MEC

Sumber : Google.com

MEC didirikan oleh Yayasan Yatim Mandiri (YYM). Sedangkan Yatim Mandiri sendiri adalah lembaga sosial yang fokus pada pendidikan dan kemandirian anak-anak yatim seluruh Indonesia.

Yatim Mandiri berdiri sejak tanggal 31 Maret 1994 di Kota Pahlawan Surabaya. Mereka anak-anak yatim disekolahkan mulai SD sampai SMA.

Namun, setelah lulus SMA, mereka sulit mendapatkan pekerjaan. ‘Bisa saja dapat kerja, tetapi susah. Apalagi, harus bersaing sama lulusan diploma atau sarjana.

Dari situlah Awal mulanya pemikiran didirikan Mandiri Entrepreneur Center (MEC), agar adik-adik Yatim yang lulus SMA sederajat mampu bersaing.

Pada tahun 2004, Yatim Mandiri menambah pendidikan anak-anak asuh tersebut dengan nama Pusdiklat. Sebagian lulusan SMA yang di Pusdiklat dikirim belajar ke sejumlah lembaga pendidikan dan pelatihan.

Seperti contoh, ke LP3I (Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia) atau ke JSTC (Janzen Skill Training Center).

Namun, hasilnya kurang efektif. anak-anak Pusdiklat dinilai kurang giat belajar. Sebagian anak mengeluh tidak pede (percaya diri).

Sebab, mereka merasa berbeda dari mahasiswa yang bukan yatim. Selain itu, beberapa anak Pusdiklat yang pamit kuliah ternyata jarang ditemui di kampus.

Ketika bekerja, banyak juga anak yang minder karena merasa sebagai anak yatim.

Melihat perkembangan itulah, manajemen Yayasan Yatim Mandiri mengevaluasi. Hingga akhirnya, terpikir mendirikan perguruan tinggi sendiri khusus untuk anak yatim purna asuh yang dilengkapi asrama.

Dengan demikian, peserta Pusdiklat tak bisa mbolos lagi kuliah. Dari situlah pada akhirnya didirikanlah Mandiri Entrepreneur Center (MEC) pada 1 Juni 2007.

 

Kok Bisa Masuk Mandiri Entrepreneur Center

 

Tanda Tanya

Sumber : Pixabay.com

Alhamdulillah ketika itu saya dikenalkan dengan Yatim Mandiri dengan kegiatannya yaitu super camp di Man 2 Probolinggo.

Kemudian akupun diperkenalkan dengan sekolah gratis untuk jenjang perkuliahan yang bernama MEC ( mandiri entrepeneur centre ), namun saat itu aku tidak tertarik dengan MEC , saat itu Pikiranku hanya kerja kerja dan kerja.

Dan pada akhirnya kegitan itu berakhir dengan kegiatan pengumuman yang mendapatkan Golden Ticket atau Beasiswa full kuliah selama 1 tahun, dan itupun aku cuek Cuek saja karena pada saat itu aku tidak berfikiran untuk kejenjang kuliah.

Alahasil yang mendapatkan Golden Ticket itu adalah teman satu kelompoku sendiri dan itupun Aku memberikan selamat pada dia namun apa yang terjadi ketika dia disebut namanya beliaupun Tidak mau untuk mengambil beasiswa tersebut karena pemikirannya dia hanyalah beasisiswa SBMPTN dan SNMPTN.

Ketika itu dia disuruh untuk memilih salah satu teman satu kelompoknya yang mau untuk menggantikan dia sebagai peraih Golden Ticket itu dan yang di pilih itupun aku.

Akupun terkejut dan didalam hati saya “kok bisa aku lahwong aku tidak punya niatan untuk Kuliah”. Dan akupun mengambil Golden Ticket dengan rasa yang biasa saja, ketika itu pula akupun mulai untuk menerima itu semua.

 

Berangkat Ke Mandiri Entreprenuer Centre

 

Sepeda Motor

Sumber : Pixabay.com

Saya berangkat dari rumah sekitar pukul 09.00 WIB,dengan di antar oleh kakak dengan mengendarai sepeda motor dari lumajang ke surabaya, kurang lebih 5 jam an sampai di surabaya.

 

Sampai Di Mandiri Entreprenuer Centre

 

Orang

Sumber : Pixabay.com

Setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 5 jam, sampailah saya bersama kakak di Mandiri Entreprenuer Centre.

Ketika sampai di sana saya pun di arahkan panitia untuk melakukan check in terlebih dahulu, biasa lah untuk mengecek barang barang yang di bawa.

Setelah check in selesai kakak saya pun pamit untuk pulang ke lumajang.

 

Kegiatan Hari Pertama Di Mandiri Entreprenuer Centre

 

Activity

Sumber : Pixabay.com

Untuk kegiatan hari pertama di Mandiri Entreprenuer Centre adalah perkenalan antara manajemen, dosen, mentor serta mahasiswa.

Dilanjut dengan perkenalan lingkungan, adaptasi lingkungan sekitar.

Kegiatan Hari Ke Dua

Untuk kegiatan hari ke dua di Mandiri Entreprenuer Centre adalah materi dari direktur dan materi dari manajemen MEC.

Dilanjut dengan fun game.

Kegiatan Hari Ke Tiga

Untuk kegiatan hari ke tiga di Mandiri Entreprenuer Centre adalah membuat konsep belajar dan kosekuensi apabila melanggar dalam pembelajaran satu tahun kedepan.

Kegiatan Hari Ke Empat

Untuk kegiatan hari ke empat di Mandiri Entreprenuer Centre adalah perkenalan kelas per jurusan masing masing dilanjutkan dengan adaptasi lingkungan ruangan kelas.

Kegiatan Hari Ke Lima – Ke Tujuh

Untuk kegiatan hari ke empat di Mandiri Entreprenuer Centre adalah jualan dengan konsep yang benar dan sering di sebut dengan entreprenuer.

 

Kegiatan Entreprenuer

 

Entreprenuer

Sumber : Google.com

Untuk kegiatan dalam hal ini pertama kali saya rasakan di dalam kehidupan saya selama ini karena kita di lepas keluar untuk mencari suplier makanan ataupun minuman kemuadian dilanjut untuk menjual ke daerah Mandiri Entreperenuer Centre.

Untuk jualan pertama saya adalah jualan cincau, jualan sari kedelai, es beras kencur,
hehe untuk pertama kali dalam hidup saya gpp lah, saya pun berjalan ke daerah perumahan jambangan dan sekitarnya.

Sewaktu itu jualan saya tidak ada yang laku hehehe hanya ketika saya mau kembali ke campus ada seseorang yang membeli jualan saya dan itupun saya mendapat laba hanya Rp. 1.000 saja, auto mau nangis hehehe.

Tetapi seiring berjalannya waktu saya pun mulai menemukan cara agar jualan saya laku habisterjual dan alhamdulillah setiap kali melakukan kegiatan entreprenuer saya mendapatkan laba ya minimal Rp.40.000.

Kegiatan Asrama

Tidak hanya kegiatan belajar dan entreprenuer saja yang ada di MEC adapun kegiatan asrama yang meliputi :

  • Menghafal juz’ama
  • Mengaji setiap pagi dan malam hari
  • Tilawati al qur’an
  • Dinniyah
  • Al ma’surat pagi dan sore
  • Sholat 5 waktu
  • sholat tahajud
  • sholat duha

Itulah beberapa kegiatan asrama yang wajib dilaksanakan setiap harinya di Mandiri Entreprenuer Centre.

Kegiatan Pengkaryaan

Setelah proses pembelajaran di Mandiri Entreprenuer Centre, ada salah satu kegiatan yaitu sering disebut dengan pengkaryaan atau bisa disebut juga dengan bekerja.

Kegiatan ini wajib dilakukan oleh mahasiswa MEC karena kegiatan ini juga mempengaruhi dana living kos ketika isuda nanti wkwk.

Saya pun memutuskan untuk pergi merantau ke luar kota tapatnya di kota Bali, beda dengan teman teman saya yang banyak bekerja di daerah kota Surabaya.

Mungkin ini pengalaman saya selama di Mandiri Entreprenuer Centre yang banyak membuat hidup saya berubah dan banyak sekali pengalaman hidup yanng diajarkan di sana.

Terima kasih.

 

Mungkin ini pengalaman saya selama di Mandiri Entreprenuer Centre yang banyak membuat hidup saya berubah dan banyak sekali pengalaman hidup yanng diajarkan di sana.

Terima kasih.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *