Peluang Bisnis Food Truck Terlengkap Beserta Penjelasannya

4 min read

Peluang-Bisnis-Food-Truck-1

Peluang Bisnis Food Truck – Di Indonesia, khususnya di kota-kota besar, industri makanan tidak akan pernah mati. 

Ditambah lagi, makanan merupakan kebutuhan pokok bagi setiap orang, sehingga tidak heran jika bisnis ini tidak pernah kehabisan pelanggan.

Peluang Bisnis Food Truck untuk Dimulai

Peluang bisnis ini cukup luas. Anda dapat menerapkan hampir semua ide kreatif yang Anda miliki.

Bagi mereka yang berencana untuk memulai bisnis ini, berikut beberapa ide umum dan menarik.

1. Makanan Vegetarian

Vegetarian sering kali kesulitan menemukan makanan yang cocok untuk mereka. Jadi, Anda dapat menggunakan kesempatan ini untuk membidik para vegetarian dengan menawarkan opsi nabati.

Selain itu, masyarakat juga sudah mulai lebih memperhatikan kesehatannya. Jadi Anda bisa memberi mereka pilihan makanan sehat.

2. Street Food

Peluang bisnis food truck ini menyasar pelanggan yang tidak ingin mengonsumsi makanan berat. 

Oleh karena itu, jajanan atau jajanan yang biasa tersedia di pinggir jalan bisa dijual sebagai menu pilihan, seperti martabak, telur gulung, crepes dan roti.

Namun, cobalah untuk memberi ide pada menu Anda sehingga semuanya lebih mudah diukur. Misalnya jajanan khas dari Indonesia, China, Korea, dll.

3. Makanan Siap Saji

Truk makanan ini mirip dengan restoran cepat saji. Namun, alih-alih hanya menunggu pelanggan di restoran, Anda bisa pergi ke tempat yang ramai. 

Beberapa tempat yang ramai dikunjungi adalah acara sekolah, liburan dan hari-hari mahasiswa.

4. Waffle Food Truck

Selain crepes, wafel juga sering menjadi menu di pedagang food truck. Selain mudah dibawa-bawa, makanan ringan ini juga cocok untuk dinikmati pelanggan saat ingin bersantai.

Anda bisa menjadikannya daya tarik tersendiri dengan menunjukkan kepada pelanggan yang lewat cara membuat wafel. 

Selain itu, Anda juga bisa menawarkan pilihan serupa seperti pancake, churro, dan sandwich es krim. Dengan begitu akan menambah Peluang bisnis food truck.

5. Fried Chicken Truck

Peluang bisnis food truck ini untuk orang Indonesia yang suka masakan ayam. 

Anda bisa meletakkan ayam goreng di rak pajangan sehingga bisa menarik perhatian orang, apalagi jika disajikan dengan saus yang menggoda dan aroma yang menggoda.

6. Ice Cream Truck

Orang pasti akan mencari jajanan segar di hari yang panas, apalagi jika ada anak-anak di sekitar tempat penjualan. 

Dengan menggunakan Peluang bisnis food truck untuk menjual es krim, Anda pasti dikelilingi oleh banyak pelanggan.

Untuk membedakan diri Anda dari yang lain, Anda dapat menjual es krim khusus seperti es serut Korea, gelato, es krim Turki, dan es krim ala Indonesia.

Kenapa Harus Memulai Bisnis Food Truck?

Ada beberapa alasan mengapa food truck menjadi pilihan bisnis yang baik, terutama bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas.

Berikut penjelasannya.

1. Banyak yang Minat

Pangan merupakan salah satu kebutuhan utama masyarakat. Namun, menginap di restoran penduduk membutuhkan upaya pemasaran yang kuat karena orang belum tentu mau datang.

Berbeda dengan Peluang bisnis food truck makanan, ada baiknya Anda mengunjungi orang-orang, seperti di pusat keramaian, tempat hiburan, dan acara besar.

Strategi menangkap ini merupakan nilai tambah yang besar. Karena Anda memiliki peluang lebih tinggi untuk menjadi terkenal, yang memungkinkan Anda mengobrol lebih dalam dengan pelanggan.

2. Sangat Fleksible 

Restoran di dalam gedung atau ruangan biasanya statis. Bagaimanapun, Anda harus menarik pelanggan potensial ke restoran Anda. 

Selain itu, persaingan bisnis cukup ketat, apalagi jika Anda tidak sering berinovasi.

Namun, konsep Peluang bisnis food truck sedikit berbeda karena Anda bisa berjualan di berbagai tempat.

Katakanlah Situs A berkinerja buruk. Anda bisa pindah ke lokasi lain yang mungkin lebih ramai dan menguntungkan. Nah, idenya menarik, bukan?

3. Kendala Bisnis Minim

Semua bisnis pasti punya masalah, termasuk Peluang bisnis food truck. Salah satu rintangan paling umum adalah ketidakcocokan pelanggan dengan jenis masakan yang Anda jual. 

Pastikan Anda telah menganalisis minat komunitas terhadap makanan dan menyelaraskannya dengan konsep truk makanan Anda.

Ditambah lagi, cuaca sering menghalangi, terutama saat hujan. Karena konsep Peluang bisnis food truck tidak di dalam ruangan, tentu saja pelanggan menjadi kurang nyaman menyantap makanan dalam kondisi cuaca buruk. 

Namun, kendala Peluang bisnis food truck terbilang minim dibandingkan restoran tradisional.

10 Tips Jualan Bisnis Food Truck

Agar tidak kalah bersaing, para pedagang dapur terus berinovasi. Salah satu inovasi yang mereka lakukan adalah menjual makanan dengan menggunakan kendaraan yang dirancang dengan indah. 

Bisnis makanan jenis ini sangat cocok untuk menjadi Peluang bisnis food truck dan sering disebut dengan food truck.

Konsep Peluang bisnis food truck sendiri adalah menjual makanan melalui gerobak besar dengan dapur kecil untuk persiapan makanan. 

Di negara-negara Barat seperti Amerika Serikat, truk makanan cepat saji sangat umum. Unik karena di dalam mobil, food truck bisa berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain.

1. Makanan atau minuman apa yang hendak kamu jual

Ilustrasi sajian buka bersama (IDN Times/Anata)

Berjualan makanan, entah itu food truck, restoran, atau model bisnis lainnya, produk atau makanan dan minuman adalah hal yang paling harus Anda fokuskan. 

Untuk truk makanan cepat saji, karena keterbatasan ruang, mereka biasanya lebih memilih makanan siap saji atau mudah diolah.

2. Merancang spesifikasi food truck-nya

Ini penting, terutama dengan peralatan dapur Peluang bisnis food truck yang Anda butuhkan. Misalnya berjualan nasi goreng, tentu membutuhkan wajan yang besar. 

Namun, jika Anda menjual hot dog, Anda tidak memerlukan penggorengan, Anda memerlukan panggangan kecil untuk memanggang daging. Untuk kentang goreng, penggorengan dalam perlu disediakan.

Atau misalnya Anda menjual minuman dan es krim, apakah luas kabin cukup untuk pendingin dan dispenser khusus yang biasa digunakan untuk berjualan, dll.

3. Lihat-lihat inspirasi desain food truck

Anda dapat dengan mudah menelusuri internet untuk melihat berbagai desain truk makanan. 

Tapi ingat, jangan plagiat! Desain Peluang bisnis food truck pun beragam mulai dari yang simpel dan keren hingga retro. Sesuaikan juga dengan jenis makanan Anda.

4. Cari ahli desain food truck terpercaya dan berpengalaman

Tidak banyak tempat yang menawarkan jasa pembuatan Peluang bisnis food truck. Jadi, coba cari orang yang punya pengalaman food truck. 

Lebih baik menghabiskan sedikit uang pada awalnya daripada ceroboh dan akhirnya menghabiskan lebih banyak uang untuk membuat yang baru dari awal.

5. Tempat di mana kamu ingin berjualan dengan food truck

Lokasi Peluang bisnis food truck juga mempengaruhi kelancaran usaha Anda jika ingin berjualan di mana saja. Jika tempatnya ramai, setidaknya Anda mendapat lebih banyak peluang klien.

6. Mendapatkan perizinan dari tempat itu atau prosedur sewa

Di Indonesia, izin Peluang bisnis food truck masih belum jelas. Jadi sebelum “nongkrong” atau mampir untuk berjualan di suatu tempat, pastikan hal tersebut diperbolehkan dan Anda tidak akan mendapat masalah.

Caranya sangat sederhana, tanyakan kepada RT setempat apakah di kawasan perumahan, tanyakan kepada pegawai mall apakah di kawasan mall, tanyakan apakah kantor di kawasan perkantoran, dan seterusnya.

7. Cari tahu supplier terpercaya untuk menyuplai bahan mentah

Anda akan menjual makanan, dan sebelumnya Anda perlu mencari tahu siapa yang akan menjadi pemasok atau pemasok bahan bakunya. 

Karena Anda tidak bisa melakukannya sendirian. Cari supplier dengan bahan berkualitas dan harga terjangkau.

8. Promosikan bisnis tersebut via media sosial

Tidak dapat disangkal bahwa media sosial akan memainkan peran penting dalam Peluang bisnis food truck makanan Anda. Apalagi sekarang orang Indonesia tidak bisa hidup tanpa media sosial. 

Jadi, jangan lupa sebarkan juga di media sosial. Tidak hanya mudah, tetapi juga gratis!

9. Bergabung dengan komunitas penjual food truck

Jakarta dan kota lainnya sudah memiliki komunitas food truck. Melalui komunitas ini, Anda bisa mengetahui berita terbaru seputar Peluang bisnis food truck, festival yang sedang berlangsung, hingga membuat janji jualan bersama yang tentunya lebih seru dan menarik.

10. Pastikan proses pengolahan dan penyimpanannya ringkas

Karena keterbatasan ruang, tidak disarankan untuk menyiapkan hidangan rumit yang memakan waktu lama.

Alasannya karena akan sangat menyulitkan diri sendiri, dan tidak akan menguntungkan. Sesuaikan kapasitas Peluang bisnis food truck dan pilih makanan yang sederhana namun populer.

Uang usaha Peluang bisnis food truck ini tidak terlalu besar dan sangat cocok bagi mereka yang sedang mencari inspirasi bisnis. Persiapannya juga simpel dan nggak ribet kan?

Rumus Energi Mekanik

Energi adalah kemampuan untuk dapat melakukan suatu usaha atau pekerjaan Pada dasarnya, energi sudah tersedia di alam. Energi memang tidak dapat tercipta atau bahkan...
Jalanbenar_user
2 min read

Ciri-ciri Reaksi Kimia dan Jenisnya

Reaksi kimia sangat penting dalam berbagai peristiwa yang terjadi di alam. Reaksi kimia seringkali dijumpai di alam, seperti hujan asam dan fotosintesis. Seperti yang...
Jalanbenar_user
1 min read

Jenis Ikan Mas Koki Cantik yang Mendunia

Siapa sih di antara Sahabat Biru yang tidak tahu dengan ikan mas koki ini? Ikan mas koki merupakan ikan hias paling popular di kalangannya....
Jalanbenar_user
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *