1000+ Ide Nama Usaha Warkop Keren, Unik & Kece

8 min read

tips

Memilih Nama Usaha Warkop – Pemilihan nama bisnis harus dipertimbangkan dengan hati-hati karena akan mempengaruhi identitas bisnis dalam jangka panjang.

Pemberian nama warkop yang tepat akan menjadi salah satu faktor keberhasilan bisnis catering ini. Pemilik bisnis kafe harus mempertimbangkan berbagai faktor saat menentukan nama usaha warkop

.

Lantas, apa saja pertimbangan saat menentukan nama bisnis yang cocok dan sesuai. Lihat ulasan kami di mana kami menjelaskan secara singkat dan jelas.

Apa itu Usaha Warkop?

Pengertian bisnis dijelaskan oleh berbagai ahli di bidang ekonomi. Menurut Kamus Bisnis, bisnis adalah sistem atau organisasi ekonomi yang mempertukarkan barang dan jasa untuk bentuk lain, seperti uang.

1. Steinford melihat perusahaan sebagai institusi yang menghasilkan barang dan jasa yang diinginkan orang lain. Seiring berkembangnya zaman, permintaan akan barang dan jasa terus berkembang.

2. Menurut Prof. Owen, bisnis adalah perusahaan yang bergerak dalam mendistribusikan dan memproduksi barang untuk dijual ke suatu pasar yang kemudian menetapkan harga untuk setiap layanannya.

Dari pengertian bisnis secara umum di atas, kita bisa memahami arti penting bisnis bagi kafe. Secara umum, usaha Warkop adalah usaha yang memproduksi barang untuk konsumen berupa masakan atau minuman.

Dulu, cafe diambil dari kata coffee karena menu utama yang ditawarkan adalah kopi. Namun, kafe masa kini tidak hanya menjual kopi, tetapi juga berbagai makanan ringan dan minuman

Beberapa minuman yang terdapat di kafe-kafe di Indonesia seperti milkshake, jus, milkshake, lemon tea, dll. Sedangkan menu makanan biasanya berupa snack, mie dan nasi goreng.

Selain menyajikan makanan dan minuman, kedai kopi memiliki ciri khas dan sebenarnya merupakan tempat yang nyaman bagi pengunjung untuk duduk, bersantai, dan mengobrol.

Banyak kafe di kota-kota besar menawarkan fasilitas kepada wisatawan berupa wifi gratis. Oleh karena itu, banyak pelajar dan mahasiswa yang memilih mengerjakan PR di kafe.

Pemilik kafe akan memberikan fasilitas yang berbeda di dalam kafe sesuai dengan tema kafe yang diusungnya. Nama komersial kafe juga dipilih sesuai dengan tema kafe yang diusungnya.

Tips Memilih Nama Usaha Warkop

Memilih nama bisnis, dalam hal ini nama usaha warkop, Anda harus sangat berhati-hati karena menentukan kesuksesan bisnis di masa depan. Berikut adalah beberapa tips untuk dipertimbangkan:

1. Menyisipkan Nama Produk yang Dijual

Salah satu trik memilih nama usaha warnet adalah bisa memasukkan nama dari apa yang Anda jual.

Dengan memasukkan nama-nama produk yang dijual, seseorang langsung memahami produk utama yang dijual di kafe tersebut. Misalnya, jika produk utama Anda adalah kopi, Anda dapat memasukkan kata kopi.

Selain itu produk utama dari beberapa kafe adalah milkshake, sehingga kata milkshake dapat dimasukkan ke dalam nama kafe tersebut, seperti Shaky Shaky Cafe.

2. Memadukan Faktor Kenyamanan dan Tema yang Diusung

Setiap orang yang datang ke kafe, saat bersantai atau menikmati hidangan, pasti menginginkan suasana yang nyaman.

Dengan demikian, Anda dapat menggabungkan kata-kata yang membawa kenyamanan bagi pengunjung target Anda. Tentu saja, tergantung objeknya, kata-kata yang memberi kesan “nyaman” pada orang juga berbeda.

Anda harus menyesuaikan pilihan kata-kata yang mengandung unsur “kenyamanan” dengan tema warkop Anda.

Misalnya, jika Anda ingin menjalankan kafe bertema Korea, Anda bisa menggunakan kata Korea yang terkenal seperti Annyeonghaseyo Cafe atau Saranghae Cafe.

3. Mengkombinasikan dengan Bahasa Asing

Salah satu tips nama usaha warkop adalah dengan menggabungkan beberapa bahasa asing menjadi namanya.

Penamaan dalam bahasa asing dapat memberikan kesan klasik atau bahkan modern pada suatu merek, tergantung dari pilihan kata yang digunakan.

Kata yang berasal dari bahasa Prancis ini seringkali memberikan kesan klasik dan elegan pada sebuah bisnis kafe. Misalnya, jika Anda menggunakan kata La Cafe, maka namanya akan terlihat elegan dan klasik.

Sementara itu, jika Anda menggunakan kata bahasa Inggris seperti Thumbs Up Cafe, maka kafe Anda akan memberikan kesan modern.

Pemilihan logo nantinya akan disesuaikan dengan nama perusahaan kafe tersebut. Misalnya, jika nama perusahaan mengandung kata senyum dan kebahagiaan, maka logo yang digunakan adalah logo smiley face

4. Menambahkan Kata Sifat atau Kata Kerja

Salah satu cara memilih nama bisnis kafe yang tepat adalah dengan menambahkan kata sifat atau kata kerja pada nama usaha warkop.

Contoh kata sifat manis atau “manis” jika kue manis sedang dijual. Jika Anda menjual makanan pedas, Anda bisa menambahkan kata pedas.

Bahkan, beberapa tempat makan dan kafe menggunakan kata “gigit” dan “gorengan” untuk mendeskripsikan tempat yang menjual makanan pedas.

Selain kata sifat, kata kerja juga bisa digunakan pada nama usaha warkop. Misalnya, ada nama toko roti terkenal yang menggunakan kata bahasa Inggris “Talk” dalam brandingnya yang artinya “bicara”.

5. Menyisipkan Nama Lokasi Bisnis

Trik lain untuk memberikan nama usaha adalah dengan memasukkan nama tempat usaha ke dalam nama usaha warkop. Menambahkan tempat pada nama usaha warkop akan memudahkan pencarian kafe.

Selain itu, penamaan lokasi kedai kopi juga akan meninggalkan ciri khas kedai kopi bagi pengunjung.

Misalnya, sebuah kafe bernama Cafe Smile Bali memberi kesan bahwa kafe tersebut awalnya didirikan di Bali, pulau dewata.

Pemberian nama lokasi pada nama usaha warkop Anda juga akan memudahkan orang untuk langsung mengingat kafe Anda ketika mereka berkunjung ke area yang Anda cantumkan lokasinya di kafe tersebut.

Orang yang rutin mengunjungi cabang kedai kopi Anda di kota lain akan penasaran untuk merasakan kampung halaman tempat kedai kopi pertama didirikan.

Manfaat Nama Bisnis

Berikut adalah beberapa manfaat yang perlu Anda ketahui tentang nama bisnis, antara lain dapat meningkatkan penjualan dengan cepat dan dikenal masyarakat luas.

Agar lebih jelas, kami akan menyebutkan beberapa manfaat yang perlu Anda ketahui, di antaranya sebagai berikut.

1. Lebih Mudah Diingat dan Dikenal Konsumen

Nama usaha warkop seperti nama seseorang. Sehingga pemberian nama kedai kopi tersebut akan memudahkan orang untuk mengidentifikasi kedai kopi tersebut dan mengingat kedai kopi tersebut.

Bayangkan jika sebuah warkop tidak memiliki nama, akan sulit bagi orang untuk mengenali tempat tersebut meskipun makanan dan minumannya enak.

Pada saat yang sama, pembeli akan lebih mudah mengidentifikasi warkop Anda jika Anda memberikan nama yang unik. Kafe juga akan lebih mudah diingat dan dikenali oleh konsumen baru.

2. Sebagai Media untuk Promosi Cafe

Nama kafe pada dasarnya adalah merek atau logo bisnis. Sama pentingnya dengan branding untuk berbagai bisnis atau perusahaan, nama usaha warkop juga sama pentingnya untuk bisnis warkop.

Nama kafe akan menjadi media publisitas yang cukup untuk memperkenalkan kafe tersebut kepada wisatawan.

Jika Anda berhasil menciptakan nuansa unik di kafe Anda, wisatawan akan sering berfoto di dalam kafe. Foto-foto tersebut kemudian akan diunggah ke media sosial pengunjung.

Setelah diunggah, pengunjung akan menandai warkop Anda di media sosial mereka. Dari sini, nama kafe Anda akan dikenal banyak orang. Tentunya ini akan menjadi media publisitas gratis untuk bisnis Anda.

3. Memberikan Pesona Pada Bisnis

Satu hal yang harus Anda pahami adalah bahwa nama bisnis kafe sebenarnya memberikan pesona tersendiri bagi bisnis tersebut.

Misalnya, jika Anda menggunakan nama kafe dengan cita rasa Islami, kafe tersebut tentunya juga harus bernuansa Islami, seperti musholla yang bersih dan indah.

Selain itu lagu yang dimainkan juga lagu islami bahkan sholawat. Pakaian pelayan juga harus menutupi ketelanjangan dan sebagainya. Sehingga nama usaha warkop tersebut akan memberikan pesona tersendiri bagi masyarakat.

4. Bisnis Semakin Laris

Nama merek yang dipilih dengan tepat berdasarkan target pengunjung, tema kafe, dll. Akan membantu penjualan bisnis warkop Anda.

Salah satu cara untuk melihat peningkatan brand awareness pengunjung kafe adalah seberapa baik orang mengenal kafe Anda ketika nama kafe Anda disebutkan.

Lebih baik lagi, saat orang mencari kafe, nama kafe Anda adalah hal pertama yang mereka pikirkan.

5. Membesarkan Nama Merek Bisnis

Memilih nama brand yang tepat sejak awal akan menjadi strategi bisnis yang ampuh untuk meningkatkan nama atau brand bisnis kafe Anda. Pemilihan nama kafe harus disesuaikan dengan target audiens.

Misalnya, jika Anda memulai kedai kopi untuk keluarga, maka pilihlah nama kedai kopi yang ramah keluarga. Jangan gunakan nama yang terdengar asing atau tidak cocok untuk anak Anda.

Mendapatkan nama usaha warkop Anda sejak awal akan menarik pengunjung ke warkop Anda. Dari sini, kafe Anda akan semakin besar dan terkenal.

Rekomendasi Nama Usaha Warkop yang Belum dipakai

Memperkenalkan sebuah perusahaan tentunya membutuhkan nama merek yang baik, tepat dan khas.

Karena memiliki nama bisnis yang sesuai akan memudahkan Anda mengembangkan bisnis.

Membuat bisnis Anda cepat dikenali oleh pembeli atau pengunjung. Nama komersial usaha warkop adalah sebagai berikut.

1. Nama Usaha Warkop yang Unik dan Menarik

Nama usaha warkop yang unik dan menarik bisa menjadi pilihan terbaik untuk nama kafe. Nama warkop yang unik akan membuat orang penasaran dan lebih mudah mengingatnya.

Nama-nama kedai kopi yang unik dan menarik adalah sebagai berikut.

  • Thumbs Up Cafe
  • Wink Cafe
  • Cafe Semua Usia
  • Cafe Penyayang
  • Cafe Maknyus
  • Mascot Cafe
  • Cafe Anak Bangsa
  • Warkop Cafe
  • Garden Cafe
  • Cafe Kebun Keluarga
  • The Jaguar Cafe
  • Sumber Rezeki Cafe
  • Juara Cafe
  • Hoki Cafe

2. Nama Usaha Untuk Warkop Lucu

Nama usaha warkop yang lucu merupakan nama yang bisa digunakan untuk branding usaha Anda. Karena menambahkan nama bisnis yang lucu akan membuat orang penasaran dan ingin mencobanya.

Lantas, apa saja nama-nama usaha warkop lucu tersebut? Berikut adalah saran kami yang dapat Anda gunakan sesuai dengan bisnis Anda.

  • Gelar Karpet Tea and Coffee
  • Sumber Kebahagiaan Cafe
  • Cafe Bahagia Selamanya
  • Cafe Anak Manis
  • LoL Cafe
  • Oppa Oppa Cafe
  • Gila Cafe
  • Si Manis Cafe
  • Mama Papa Cafe
  • Cafe Dua Dara
  • Santuy Aja Cafe
  • Cmiiw Cafe
  • Cafe Ngirit
  • Roast-taurant

3. Nama Usaha Untuk Warkop Islami

Mereka yang menginginkan bisnis kafe tidak hanya mendatangkan keuntungan tapi juga berkah bisa menerapkan nuansa Islam pada warkop tersebut. Salah satu caranya adalah dengan memilih nama usaha warkop islami.

  • Berkah Cafe
  • Barokah Cafe
  • Bisyarah Cafe, makna bisyarah adalah kabar bahagia
  • Baahirah Cafe, makna bashirah adalah cafe yang sangat terang
  • Nurulillah Cafe, maknanya adalah cafe yang disinari cahaya dari Tuhan semesta alam yakni Allah subhanahu wa ta’ala
  • Arrahim Cafe, maknanya adalah cafe yang penyayang
  • Amiirah Cafe, maknanya adalah cafe pemimpin sehingga diharapkan cafe ini akan memimpin di antara kompetitor lainnya
  • Jauharah Cafe, maknanya adalah cafe yang seindah mutiara
  • Cafe Izdihaar, maknanya adalah cafe yang sukses
  • Cafe Aisyah, maknanya adalah cafe yang diharapkan dapat memberikan kebaikan kesehatan kepada pengunjungnya
  • Tsurayya Cafe adalah cafe yang bersinar terang benderang
  • Cafe Afdhol, maknanya adalah cafe yang terbaik
  • Cafe Abbasy, maknanya adalah cafe yang rajin bekerja dan berusaha

4. Nama Usaha Untuk Cafe dalam Bahasa Jawa

Jika anda sedang merintis usaha warkop di pulau jawa atau daerah yang banyak ditinggali orang jawa, maka anda bisa menggunakan bahasa jawa untuk nama kafe anda. Berikut adalah pilihan nama usaha warkop Jawa:

  • Ayo Rene Cafe, maknanya adalah cafe ayo ke sini
  • Podomoro Cafe
  • Nderek Macit Cafe, maknanya adalah ikut makan makanan ringan
  • Cafe Kelingan Kowe, maknanya adalah “inget kamu”
  • Cafe Tresnamu, maknanya adalah “cintamu”
  • Cafe Sluman Slumun Slamet, maknanya adalah “ hati-hati  agar selamat”
  • Cafe MeWah, sekilas mirip kata mewah, namun MeWah adalah singkatan dari kata “mepet sawah” atau “di pinggir sawah”. Jika cafe Anda dibangun di desa dekat sawah, nama cafe ini cocok dipakai
  • Cafe Ono Roso, maknanya adalah “Ada rasa”.
  • Cafe Mebor Dhuwur, maknanya adalah “terbang tinggi” sehingga arti dari nama cafe ini adalah agar cafe tersebut dapat terbang dengan tinggi
  • Medot Janji Cafe, maknanya adalah “memutus janji”
  • Cafe Wongmu, maknanya adalah “anak buah kamu”

5. Nama Usaha Untuk Warkop Anak Muda

Sebagian besar kafe dikemas dengan turis muda. Jadi jika Anda membuat kafe untuk anak muda, pastikan untuk memilih nama usaha warkop yang identik dengan kehidupan mereka.

  • Kongkow Cafe
  • Angkasa Cafe
  • Cafe Gaul
  • Sugar Free Cafe
  • Smile Cafe
  • Enjoy Cafe
  • Mantull Cafe
  • Restu Ibu Cafe
  • Cafe Hidup Perjuangan
  • UwU Cafe
  • Masa Muda Cafe
  • Z Cafe
  • Addict Cafe

6. Nama Usaha Untuk Warkop Ala Korea

Segala sesuatu yang bernuansa dan Korea sangat digemari saat ini, terutama di kalangan anak muda. Jika Anda ingin mendirikan usaha warkop bernuansa Korea, Anda bisa menggunakan nama-nama berikut ini:

  • Cafe Little Neck Seol
  • Arari Ovene
  • Mi Yeon Cafe
  • Geum Cafe, makna kata Geum dalam bahasa Korea adalah kebun kecil yang sangat indah
  • Chin Hwa Cafe, maknanya adalah cafe yang sangat makmur dan untung besar
  • Annyeong Cafe
  • Daebak Cafe, maknanya adalah cafe yang luar biasa keren
  • Kyon Cafe, artinya adalah cafe yang penuh kebahagiaan
  • Choaheyo Cafe
  • Tamochi Cafe
  • Cafe Hallyu
  • Cafe Koreaqu

7. Nama Usaha Warkop Yang Aesthetic

Bagi Anda yang sedang mencari nama usaha warkop yang estetis namun belum menemukan yang pas.

Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan nama seperti berikut ini.

  • Cup O’ Jane
  • El Monte
  • Hungry Heroes
  • Take a Bit Cafe
  • BrewBee
  • PikNik Cafe
  • Unicorn Cafe
  • BunBun Cafe
  • Rabbit Love Cafe
  • Eat Pray Love Cafe
  • Kedai Simbah
  • Lesehan Kenyang
  • Iroma Cafe

8. Nama Usaha Untuk Warkop Kekinian

Anda juga bisa membuat nama usaha warkop Anda menggunakan terminologi modern yang mudah diingat semua orang. Berikut adalah beberapa contoh nama usaha warkop menggunakan nama mereka saat ini.

  • Brick Cafe
  • Chai Latte Cafe
  • Kafetaria Ria
  • Original Cafe
  • Coffee Distict 5
  • Kedai Cafe
  • Shopie Coffee
  • Aroma Cafe
  • Cafe Laris Manis
  • Deliciou Cafe
  • Sea of Happiness Cafe
  • Happy Yippie Cafe

9. Nama Usaha Untuk Warkop Bahasa Inggris

Selain nama bisnis kedai kopi saat ini, Anda juga bisa menggunakan nama bisnis bahasa Inggris.

Karena menurut penelitian lapangan, banyak pengusaha sukses yang kebanyakan menggunakan bahasa Inggris.

Bagi Anda yang saat ini sedang mencari nama bisnis kafe dalam bahasa Inggris, saran berikut bisa digunakan.

  • Diamond Cafe
  • Steak and Shake Cafe
  • King and Ring Cafe
  • Fantastic Cafe
  • First Idea Cafe
  • Gratitude Cafe
  • Rainbow Cafe
  • Alright Cafe
  • Relax and Bites Coffee
  • Amazing Cafe
  • Cafe Chill and Burn
  • Palace Cafe
  • Cafe Smart and Chat

10. Nama Warkop Unik Dunia

Selain nama kafe bahasa Inggris yang unik, Anda juga bisa menggunakan nama kafe dengan ciri khas dunia.

Nama kedai kopi di seluruh dunia adalah sebagai berikut.

  • Knoll Ridge
  • The Cake
  • Plain Vanilla
  • Zapangi Cafe
  • Ki Cafe
  • Kopenhagen Cafe
  • Vogue Cafe
  • New York Cafe
  • Cafe Florian
  • Cafe De La Paix
  • Plan Caffeine
  • Kuy Cafe
  • Pain Cafe
  • IndoCafe
  • Omah Cafe
  • Papa Cafein
  • Cafe Family

Nah, itulah ide nama bisnis untuk warkop yang bisa Anda gunakan sebagai nama brand bisnis Anda.

Sebelum Anda menentukan nama untuk warkop Anda, perlu Anda ketahui bahwa Anda harus terlebih dahulu menentukan tema atau nuansa yang ingin Anda hadirkan di kafe Anda.

Dari sini Anda bisa menentukan nama warkop yang cocok. Selanjutnya, pilih kursus mana yang tepat untuk Anda.

Rumus Energi Mekanik

Energi adalah kemampuan untuk dapat melakukan suatu usaha atau pekerjaan Pada dasarnya, energi sudah tersedia di alam. Energi memang tidak dapat tercipta atau bahkan...
Jalanbenar_user
2 min read

Ciri-ciri Reaksi Kimia dan Jenisnya

Reaksi kimia sangat penting dalam berbagai peristiwa yang terjadi di alam. Reaksi kimia seringkali dijumpai di alam, seperti hujan asam dan fotosintesis. Seperti yang...
Jalanbenar_user
1 min read

Jenis Ikan Mas Koki Cantik yang Mendunia

Siapa sih di antara Sahabat Biru yang tidak tahu dengan ikan mas koki ini? Ikan mas koki merupakan ikan hias paling popular di kalangannya....
Jalanbenar_user
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *