Contoh Kerajinan Tusuk Sate Terlengkap 2023

4 min read

Kerajinan-dari-Tusuk-Sate

Kerajinan dari Tusuk Sate – Pada dasarnya, orang kreatif bisa mengubah barang apapun menjadi sebuah kerajinan yang bernilai seni dan penjualannya tinggi, salah satunya adalah kerajinan tusuk dari sate.

Ya, siapa sangka ternyata tusuk dari sate tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai limbah tusuk sate, tapi juga bisa dibuat menjadi berbagai kerajinan unik.

Mungkin bagi semua orang tusuk dari sate ini sudah tidak berguna lagi, tapi itulah mengapa orang yang suka berkreasi menggunakan tusuk dari sate ini untuk membuat kerajinan tangan.

Ada banyak sekali jenis kerajinan yang bisa dibuat, untuk lebih jelasnya akan dijelaskan pada penjelasan berikut ini :

Contoh Kerajinan dari Tusuk Sate

Tusuk sate adalah benda yang digunakan untuk menampung aneka sate. Tusuk dari sate ini pada dasarnya terbuat dari bambu, tetapi ada juga yang terbuat dari logam.

Sedangkan tusuk dari sate yang bisa digunakan hanyalah tusuk dari sate bambu. Hal ini karena batang bambu lebih mudah dibentuk, lebih aman, dan yang terpenting ramah lingkungan.

Senar ini bisa digunakan untuk membuat berbagai macam kerajinan tangan yang sangat indah dan unik, tentu saja kerajinan benang ini tidak hanya bisa dijadikan sebagai hiasan rumah, tapi juga bisa untuk dijual kembali.

Sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai usaha sampingan. Lalu apa saja kerajinan tangan yang bisa dibuat dengan bahan tusuk dari sate ini? Jadi mari kita lihat penjelasannya di bawah ini!

1. Kerajinan Bingkai Foto dari Tusuk Sate

Kerajinan benang yang pertama adalah bingkai foto, ya, benang memang bisa dibuat menjadi bingkai foto yang sangat unik dan cantik.

Keunggulan dari bingkai foto bersenar ini adalah ramah lingkungan, dan bahan untuk merangkainya mudah ditemukan.Tidak hanya itu, bahan yang dibutuhkan untuk membuat bingkai foto ini juga tidak mahal.

Untuk cara pembuatannya, siapkan kartonnya terlebih dahulu, potong persegi atau potong persegi sesuai model, lalu rekatkan pinggiran karton, lalu tempelkan tali pada permukaannya. Lalu tempelkan berbagai hiasan pada tusuk sate.

2. Kerajinan Hiasan Dinding dari Tusuk Sate

Kerajinan benang yang pertama adalah bingkai foto, ya, benang memang bisa dibuat menjadi bingkai foto yang sangat unik dan cantik.

Keunggulan dari bingkai foto bersenar ini adalah ramah lingkungan, dan bahan untuk merangkainya mudah ditemukan.Tidak hanya itu, bahan yang dibutuhkan untuk membuat bingkai foto ini juga tidak mahal.

Untuk cara pembuatannya, siapkan kartonnya terlebih dahulu, potong persegi atau potong persegi sesuai model, lalu rekatkan pinggiran karton, lalu tempelkan tali pada permukaannya. Lalu tempelkan berbagai hiasan pada tusuk sate.

3. Kerajinan Miniatur Menara Eiffel dari Tusuk Sate

Ingin membuat kerajinan Menara Eiffel tapi tidak tahu harus dibuat apa? Jangan khawatir Eits, karena ternyata tusuk dari sate ini bisa kamu gunakan untuk membuat miniatur Menara Eiffel ini.

Ya, seperti contoh di atas, tusuk dari sate memang bisa didaur ulang menjadi kerajinan yang sangat unik, dan tentunya juga bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan.

Cara pembuatan miniatur menara eiffel juga sangat sederhana, pertama tempelkan solasi transparan di atas kertas, lalu gunakan garpu untuk menyusunnya menjadi menara eiffel (boleh saja jika bentuknya mengikuti kertas). 

Jangan lupa untuk merekatkan masing-masing kebab agar kebab tidak mudah lepas.

4. Kerajinan Miniatur Rumah dari Tusuk Sate

Selain bisa membuat miniatur Menara Eiffel, kamu juga bisa menggunakan tusuk dari sate untuk membuat miniatur rumah. 

Cara pembuatannya juga sangat sederhana yaitu siapkan terlebih dahulu kardus dengan bentuk rumah yang digambar.

Selanjutnya sesuai dengan pola rumah yang telah dibuat, buatlah rumah dari kertas, dan jangan lupa direkatkan dengan lem.

Langkah selanjutnya adalah menempelkan tusuk dari sate ke permukaan rumah yang terbuat dari kertas, di sini Anda bisa menggunakan lem untuk menempelkannya hingga semua permukaan rumah tertutup tusuk sate dan miniatur rumah sudah siap.

5. Kerajinan Kotak Tisu dari Tusuk Sate

Kita semua tahu bahwa kotak tisu dapat dibuat dari karton, bulu, atau bahan daur ulang lainnya, tetapi apakah Anda juga tahu bahwa Anda juga dapat membuat kotak tisu dari tusuk dari sate bambu?

Ya, mungkin sebagian dari kalian masih baru mengenal kerajinan ini atau bahkan belum pernah mendengarnya, namun tidak perlu khawatir dengan hasilnya, kotak tisu berbahan tusuk dari sate bambu ini tidak kalah dengan kotak tisu lainnya.

Padahal, cara pembuatannya juga sangat sederhana, pertama-tama buatlah karton atau kertas tersebut menjadi bentuk kotak tisu.

Jika sudah, ukur terlebih dahulu panjang garpu sesuai dengan bentuk kotak tisu yang sudah jadi, lalu tempelkan lem pada karton, lalu tempelkan garpu dengan lem, dan kotak tisu siap digunakan.

6. Kerajinan Tempat Pensil dari Tusuk Sate

Selain kotak tisu, kamu juga bisa menggunakan batang bambu untuk membuat kotak pensil yang chic.

Cara pembuatan tempat pensil ini juga sangat sederhana, tinggal bersihkan dulu batang bambunya, dan selesai.

Jika sudah, maka tusuk dari sate, tapi potong dulu tusuk dari sate menjadi beberapa ukuran, lalu susun tusuk sate dari kecil ke besar (foto).

Jangan lupa kamu bisa menempelkannya dengan kawat di ujungnya, atau kamu bisa merekatkannya, lalu buat hiasan kecil di bagian bawah dan atas kotak pensil.

7. Kerajinan Rak Dinding Mini Bentuk Segitiga dari Tusuk Sate

Kerajinan tusuk dari sate selanjutnya yang tak kalah unik adalah dinding segitiga, tentunya karena bentuknya yang mini dan bahan yang digunakan tidak terlalu kuat.

Jadi Anda hanya bisa meletakkan beberapa barang ringan, oke? Karena jika Anda meletakkan buku yang tebal, rak buku akan jatuh, bahkan bisa rusak.

Cara pembuatan rak mini ini juga sangat sederhana, pertama potong senar sepanjang 7 cm, bisa juga dengan memotong senar sepanjang 9 cm.

Selanjutnya, ikat tali yang lebih pendek dengan lem di ujungnya, lalu ikat tali yang lebih panjang, ulangi langkah-langkah ini hingga ketebalan yang diinginkan tercapai.

8. Kerajinan Rak Meja Bentuk Hexagon dari Tusuk Sate

Selain untuk membuat mini ledges, tusuk dari sate ini juga bisa Anda gunakan untuk membuat meja segi enam. Rak ini sangat cocok sebagai dekorasi ruang tamu atau teras.

Cara pembuatannya juga sangat mudah ditiru yaitu dipotong terlebih dahulu senarnya, total ada 12 senar dengan panjang 16 cm, 6 senar dengan panjang 8 cm, dan 2 senar dengan panjang 14 cm.

Setelah jadi bisa disusun menjadi segi enam, agar dekorasi meja menjadi lebih indah, bisa ditambah dengan pengecatan terlebih dahulu. Selain itu, untuk menunggu cat mengering, kamu bisa menggunakan karton bekas untuk membuat alas ini.

Selanjutnya, potong karton menjadi segi enam dan tutupi dengan kertas kado. Jika demikian, rekatkan alas ke tusuk sate.

9. Kerajinan Tas dari Tusuk Sate

Tusuk sate bisa dijadikan tas kan? Tentunya beberapa pengrajin juga menggunakan tali ini untuk membuat tas. Namun, kesulitan mengolah paket tusuk dari sate ini juga cukup besar.

Meski begitu, tas berbahan tali juga sangat khas dan bisa dijadikan pilihan koleksi. Atau jika ingin memulai usaha, maka kantong tusuk dari sate ini juga bisa menjadi pilihan.

Karena selain bahannya yang mudah didapat, bahan ini juga sangat murah, namun hasil kerajinan tangan yang dihasilkan bisa dijual dengan harga yang sangat mahal, karena tas jenis ini tidak kalah dengan tas yang terbuat dari bahan lain dari segi estetika.

10. Kerajinan Tripod Mini untuk HP dari Tusuk Sate

Ingin tripod tetapi Anda tidak punya cukup uang untuk membelinya? Nah, Anda tidak perlu khawatir.

Ini karena Anda bisa menggunakan tusuk sate untuk membuat tripod sendiri, namun menggunakan tusuk dari sate ini sebagai tripod ponsel tentu akan membutuhkan banyak kesabaran.

Cara membuat tripod handphone dari tusuk sate ini memang rumit, namun tentunya hasilnya tidak akan mengecewakan.

Daripada beli sendiri dengan harga yang lumayan mahal, buat sendiri dengan harga yang sangat terjangkau.

11. Kerajinan Vas Bunga dari Tusuk Sate

Kerajinan tali terakhir adalah vas bunga. Mungkin kerajinan vas ini adalah salah satu kerajinan yang paling umum.

Kerajinan tangan vas tusuk sate tentunya tidak kalah dengan kerajinan tangan lainnya, dan juga bisa dijual sebagai usaha.

Pengerjaan guci ini juga sangat sederhana, yaitu merangkai batang bambu di kedua ujungnya dengan seutas benang hingga membentuk persegi panjang.

Selanjutnya bentuk tusuk sate bambu secara melingkar, dan jangan lupa tambahkan alas pada vas agar terlihat lebih bagus dan bisa dihias dengan renda kain atau hiasan lainnya.

Penutup

Demikianlah kerajinan tusuk sate dengan gambar. Padahal, banyak bentuk kerajinan lainnya yang bisa kita buat dengan menggunakan bahan dasar tusuk dari sate ini.

Jadi tunggu apalagi mari kita pertimbangkan membuat tusuk dari sate sebagai kerajinan yang bisa menjadi sumber penghasilan kita, semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Rumus Energi Mekanik

Energi adalah kemampuan untuk dapat melakukan suatu usaha atau pekerjaan Pada dasarnya, energi sudah tersedia di alam. Energi memang tidak dapat tercipta atau bahkan...
Jalanbenar_user
2 min read

Ciri-ciri Reaksi Kimia dan Jenisnya

Reaksi kimia sangat penting dalam berbagai peristiwa yang terjadi di alam. Reaksi kimia seringkali dijumpai di alam, seperti hujan asam dan fotosintesis. Seperti yang...
Jalanbenar_user
1 min read

Jenis Ikan Mas Koki Cantik yang Mendunia

Siapa sih di antara Sahabat Biru yang tidak tahu dengan ikan mas koki ini? Ikan mas koki merupakan ikan hias paling popular di kalangannya....
Jalanbenar_user
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *