Contoh 11 Kerajinan Dari Logam & Teknik Pembuatan

4 min read

kerajinan logam 5

Kerajinan dari Logam – Kerajinan Dari Logam, atau biasa disebut kerajinan, adalah jenis kerajinan yang diproduksi dengan tujuan untuk membentuk benda dari logam.

Ciri lain dari Kerajinan Dari Logam adalah kerajinan yang terbuat dari logam sebagai bahan dasarnya, meskipun logam tidak hanya benda padat atau logam, ada juga logam cair dan kasar.

Mungkin sebagian besar orang masih beranggapan bahwa yang ada hanyalah kerajinan besi, alumunium, baja, seng, perak dan jenis Kerajinan Dari Logam lainnya.

Sedangkan perhiasan itu sendiri, seperti kalung atau gelang, termasuk dalam kategori perhiasan logam mulia, tetapi bukan Kerajinan Dari Logam, karena perhiasan adalah salah satu benda yang bernilai tinggi.

Dari penjelasan di atas, kerajinan apa sajakah yang termasuk dalam jenis Kerajinan Dari Logam ini? Jadi mari kita lihat penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Kerajinan dari Logam

Seperti disebutkan di atas, emas tidak termasuk dalam kategori Kerajinan dari Logam, tetapi dalam kategori perhiasan dengan harga lebih tinggi.

Kerajinan dari Logam terbuat dari perak, besi, platina, tembaga, dll, dan diolah menjadi berbagai bentuk kerajinan yang lebih besar, seperti peralatan makan, patung, dll.

Kerajinan dari Logam bagus untuk bisnis karena keuntungan menjual kerajinan ini sangat mahal bahkan bisa mencapai puluhan crores per bulan. Jadi kerajinan apa yang bisa dibuat dari logam-logam ini? Silakan dan periksa komentar di bawah ini!

1. Kerajinan dari Logam Alat Musik 

Kerajinan dari Logam yang pertama adalah alat musik, mungkin benda ini sangat familiar bukan?

Bahkan hal yang satu ini mudah ditemukan. Memang ada alat musik yang terbuat dari substrat logam, entah itu gendang, terompet, senar gitar, senar biola, dll.

Padahal, alat musik ini tidak seluruhnya terbuat dari logam, tetapi juga bisa dipadukan dengan bahan lain, baik itu kayu maupun kulit.

2. Kerajinan Kriya Logam Tiga Dimensi dari Logam

Seperti yang telah disebutkan di atas, Kerajinan dari Logam juga dikenal sebagai seni dan kerajinan dalam bentuk yang dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari juga.

Untuk melakukan kerajinan ini, tentunya tidak semua orang bisa melakukannya.

Namun mereka yang memiliki kemampuan khusus, juga memiliki kreatifitas yang tinggi, tidak hanya tukang saja, tetapi juga perlu kehati-hatian dalam pengerjaannya.

Hasil yang didapat tentu saja banyak bentuknya, dan semakin unik bentuknya maka semakin tinggi pula nilai seni dan nilai jualnya.

3. Kerajinan dari Logam Untuk Kubah Masjid

Kerajinan selanjutnya yang terbuat dari logam adalah kubah masjid ya untuk benda ini sebenarnya sama saja yaitu tidak hanya terbuat dari logam saja tetapi juga menggunakan bahan lain seperti alumunium, tembaga dan produksi kuningan.

4. Kerajinan Medali dari Logam

Medali adalah kerajinan, juga terbuat dari logam, yang sering digunakan untuk memberikan penghargaan atau pemenang dalam kompetisi.

Kerajinan dari logam ini juga bisa dibuat dari bahan perak atau kuningan, dan tentunya bentuk akhirnya juga bisa dibuat sesuai dengan keinginan klien.

Nyatanya, kerajinan medali logam ini tidak hanya bisa dijadikan sebagai hadiah untuk perlombaan atau event olahraga saja. 

Namun medali juga bisa digunakan sebagai penemuan atau kenang-kenangan acara.

5. Kerajinan Miniatur Kendaraan dari Logam

Kerajinan dari Logam selanjutnya dibandingkan dengan kerajinan lainnya adalah miniatur kendaraan.

Ya pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan miniatur yang terbuat dari logam ini, pengrajin harus memiliki tingkat kreativitas dan ketelitian yang tinggi.

Model miniatur yang terbuat dari logam juga hadir dalam berbagai bentuk seperti miniatur kendaraan, miniatur rumah dan lain sebagainya.

Biasanya kerajinan ini dijadikan sebagai oleh-oleh atau hanya untuk dipajang saja, tapi jangan salah harganya ya, semakin unik miniaturnya maka semakin tinggi pula harga yang ditawarkan.

6. Kerajinan Patung dari Logam

Patung logam merupakan kerajinan yang tidak kalah dengan Kerajinan dari Logam lainnya.

Biasanya, patung yang terbuat dari substrat logam digunakan dalam miniatur seperti monumen rumah, hewan atau orang tertentu.

Bahan yang digunakan untuk membuat patung ini pun bermacam-macam, antara lain besi, perak, dan perunggu. 

Anda juga bisa menemukan patung ini di tempat ibadah seperti aula Buddha.

7. Kerajinan Peralatan Makan dari Logam

Kerajinan dari Logam selanjutnya yang paling banyak kita temukan adalah peralatan makan.

Peralatan makan adalah salah satu barang pertama yang menggunakan logam, namun sayangnya, banyak orang yang tidak mempedulikannya.

Peralatan makan yang terbuat dari logam tentunya sangat bermanfaat dan tentunya sangat bermanfaat, hal ini dikarenakan peralatan makan tersebut terbuat dari logam yang akan mencegah pertumbuhan bakteri.

Tak hanya itu, pada zaman dahulu orang juga percaya bahwa peralatan yang terbuat dari bahan baku makanan bisa mendeteksi apakah makanan itu beracun.

8. Kerajinan Pisau dari Logam

Seperti peralatan makan, pisau juga dibuat dari substrat logam paling umum dalam kehidupan kita sehari-hari.

Pengerjaan ini juga dapat dijumpai di berbagai daerah yang tentunya memiliki keunikan tersendiri dan dapat membedakan pisau dari berbagai daerah baik dari segi bentuk, ukuran maupun ukirannya.

9. Kerajinan Plakat dari Logam

Selain medali, Kerajinan dari Logam selanjutnya adalah plakat, dan ya, plakat juga bisa dibuat dengan bahan logam saja, tidak hanya kayu.

Kerajinan Plakat juga merupakan salah satu barang yang digunakan untuk penghargaan kepada orang, perusahaan atau lembaga tertentu.

Biasanya kerajinan tangan ini diserahkan pada saat perpisahan sebagai kenang-kenangan terakhir.

Pada dasarnya bahan yang digunakan untuk membuat sebuah plakat tidak hanya logam tetapi juga kombinasi dari bahan lain seperti resin atau akrilik.

10. Kerajinan Uang Kepeng dari Logam

Uang adalah Kerajinan dari Logam yang bahkan mudah ditemukan dan digunakan. Adapun koin yang terbuat dari logam ini.

Ini semua adalah mata uang dengan pecahan yang lebih kecil yaitu koin perak Rp 100, Rp 200, Rp 500 dan Rp 1.000. Selain nilai nominalnya yang berbeda, bentuk mata uangnya tentu juga berbeda.

11. Kerajinan Vas Bunga dari Logam

Kerajinan dari Logam yang terakhir adalah vas bunga, bentuk dan ukiran dari kerajinan ini juga sangat indah.

Bahkan vas yang terbuat dari substrat logam jauh lebih mahal dibandingkan dengan vas yang terbuat dari bahan lain. Biasanya vas ini digunakan untuk menghiasi ruang tamu atau ruangan lainnya.

Ada banyak pola yang bisa diukir pada vas ini, tentunya semakin bagus ukirannya maka akan semakin mahal harganya. 

Bukan hanya ukiran, tapi segala bentuk dan ukuran, dari yang terkecil hingga yang terbesar.

Teknik Membuat Kerajinan dari Logam

Untuk membuat berbagai kerajinan tangan di atas tentunya pengrajin juga harus menguasai teknik-teknik tertentu. 

Lantas bagaimana teknik pembuatan Kerajinan dari Logam semacam ini? Yuk, yuk simak penjelasannya di bawah ini!

  • Teknik Trap-Trapan

Teknik perangkap-perangkap adalah teknik yang diterapkan pada kerajinan perak berupa merangkai kawat atau menggunakan benang. 

Pada dasarnya teknik trap digunakan untuk membuat bingkai sesuai dengan bentuk kerajinan.

  • Teknik Las

Teknik pengelasan merupakan salah satu teknik yang paling banyak digunakan oleh masyarakat, dan dilakukan dengan cara menyambung logam. 

Hasil yang dapat diperoleh dari teknik ini adalah sebuah kerajinan berupa rangka dari besi atau tembaga yang disambung.

  • Teknik Drag

Teknik drag adalah teknik yang dilakukan dengan cara mencetak dimana pencetakannya berbentuk coup atau drag. 

Kup adalah proses yang digunakan untuk mencetak di atas, sedangkan drag adalah kebalikannya, mencetak di bagian bawah.

Cetakan dari teknik seret ini terbuat dari kayu atau logam dan digunakan untuk memadatkan pasir cetakan yang diisi di dalamnya.

  • Teknik Grafir

Ukiran adalah teknik menggunakan cetakan benda logam yang dibuat dengan menggunakan alat potong. Umumnya teknik ini digunakan untuk membuat kerajinan tembaga.

  • Teknik Tuang atau Cor

Teknik pengecoran atau teknik pengecoran adalah teknik yang dilakukan dengan menuangkan cairan berupa logam atau alumunium ke dalam cetakan. 

Setelah selesai, bahan dibekukan dan dikeluarkan untuk membentuk komponen lain.

  • Teknik Tempa

Penempaan adalah teknik pembuatan kerajinan tangan dari bahan logam dengan cara memanaskan dan menempatkan alat pada suhu tinggi kemudian ditempa menjadi kerajinan tangan yang diinginkan.

  • Teknik Etsa

Etsa adalah teknik menggores permukaan logam tanpa perlindungan apa pun. Tidak hanya itu, teknik ini juga digunakan untuk membuat pola atau pola pada bahan logam.

  • Teknik Pahatan

Patung adalah teknik pembuatan kerajinan dari bahan logam, teknik ini mencakup beberapa jenis teknik antara lain teknik ukir tekan atau sodetan, patung rancapan, patung mandi, patung dekoratif.

Penutup Kerajinan dari Logam

Ini adalah contoh Kerajinan dari Logam dan teknik pembuatannya. Nyatanya, kita masih bisa membuat berbagai bentuk kerajinan dengan menggunakan substrat logam ini.

Jadi tunggu apalagi, ayo manfaatkan logam dan ubah menjadi kerajinan yang bisa menjadi sumber penghasilan kita, semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Rumus Energi Mekanik

Energi adalah kemampuan untuk dapat melakukan suatu usaha atau pekerjaan Pada dasarnya, energi sudah tersedia di alam. Energi memang tidak dapat tercipta atau bahkan...
Jalanbenar_user
2 min read

Ciri-ciri Reaksi Kimia dan Jenisnya

Reaksi kimia sangat penting dalam berbagai peristiwa yang terjadi di alam. Reaksi kimia seringkali dijumpai di alam, seperti hujan asam dan fotosintesis. Seperti yang...
Jalanbenar_user
1 min read

Jenis Ikan Mas Koki Cantik yang Mendunia

Siapa sih di antara Sahabat Biru yang tidak tahu dengan ikan mas koki ini? Ikan mas koki merupakan ikan hias paling popular di kalangannya....
Jalanbenar_user
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *