Aneka Kerajinan Dari Kayu yang Bernilai Tinggi Untuk Dekorasi

6 min read

Kerajinan-Kayu-Snorkeling

Kerajinan Dari Kayu – Sebagai negara kreatif, Indonesia memiliki berbagai macam kerajinan yang menjadi salah satu keunggulannya. Hal tersebut tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Kerajinan ini tidak hanya dapat digunakan sebagai hiasan, tetapi juga sebagai kenang-kenangan untuk orang terdekat. Banyak sekali kerajinan lokal yang menarik dan salah satu kerajinan yang sangat diminati dan diminati adalah kerajinan dari kayu.

Kayu menjadi sangat populer karena dapat dengan mudah diubah menjadi berbagai benda. Orang yang bekerja di bidang ini sendiri bisa disebut pengrajin kayu, mampu membuat berbagai kerajinan tangan dan karya indah.

Keunggulan Kerajinan dari Kayu

Kerajinan dari kayu juga bisa dijadikan dekorasi yang menarik di rumah sekaligus menciptakan suasana alami di rumah Anda tanpa menghabiskan banyak uang.

Berikut beberapa keunggulan kerajinan dari kayu yang bisa dimanfaatkan.

  1. Kerajinan dari kayu umumnya sangat tahan lama. Dibandingkan dengan kaca atau kristal yang dapat pecah dan berbahaya jika terjatuh, kayu memiliki ketahanan benturan yang baik dan dapat ditempatkan dengan aman di setiap sudut rumah.
  2. Di balik harganya yang lumayan mahal, kerajinan dari kayu ini sendiri memiliki kualitas pengerjaan yang sangat baik. Para perajin sendiri biasanya membuat setiap produk dengan sangat hati-hati agar konsumen bisa mendapatkan hasil kerajinan tangan dengan maksimal.
  3. Kerajinan dari kayu biasanya buatan tangan dan memiliki nilai keunikan yang sangat tinggi. Tidak akan ada kerajinan yang 100% sama dengan yang Anda miliki dan menjadikannya salah satu barang paling berharga untuk dimiliki.
  1. Dekorasi yang terbuat dari kerajinan dari kayu sedang naik daun. Anda dapat membuat rumah minimalis yang tampak alami yang memungkinkan Anda dengan mudah menggunakan beberapa barang dekoratif atau kayu.
  2. Sebagai salah satu bahan utama, kayu dapat didaur ulang, dan proses produksinya tidak mencemari lingkungan. Kerajinan yang tidak terpakai juga bisa didaur ulang menjadi sesuatu yang baru, atau Anda bisa menguburnya di tanah agar kayu membusuk, akan terurai secara alami.
  3. Proses pembuatan kerajinan dari kayu sangat sulit dan membutuhkan keahlian khusus. Menggunakan kayu sebagai bahan kerajinan memiliki nilai estetika yang tinggi, tak heran jika harganya sangat mahal.

 Jenis-Jenis Kayu untuk Kerajinan dari Kayu

Tahukah Anda bahwa tidak semua jenis kayu dapat digunakan sebagai bahan utama kerajinan dari kayu? Kayu yang digunakan sebagai bahan kerajinan harus awet, kuat, dan tahan lapuk pada kelembaban tinggi.

Selain itu, masih banyak pengrajin yang memilih kayu sebagai bahan pembuatan berbagai kerajinan karena lebih kuat dari produk lainnya.

Harganya ditentukan berdasarkan kesulitan dan jenis kayu yang digunakan, mulai dari kayu yang harganya terjangkau hingga ratusan juta rupiah.

Ada juga banyak jenis kayu yang digunakan dalam pertukangan. Setiap kayu memiliki keunikan tersendiri, mulai dari serat, tekstur, berat dan daya tahannya. Berikut adalah beberapa jenis kayu yang biasa digunakan dalam pengerjaan kayu.

1. Kerajinan dari Kayu Snorkeling

Kayu rosewood atau sonokeling memiliki serat yang sangat unik dan khas. Warnanya juga tampak lebih gelap, yang memungkinkan kayu ini digarap menjadi karya seni yang terlihat menarik karena seratnya yang indah dan finishing yang mewah.

Karena warnanya yang gelap dan kualitasnya yang tinggi, kayu ini sering dipilih sebagai bahan furniture. Mengenai pekerjaan itu sendiri, akan lebih baik jika dilakukan dengan mesin, karena akan agak sulit untuk dikerjakan jika diukir dengan tangan.

2. Kerajinan dari Kayu Akasia

Akasia sepintas sebenarnya memiliki bulir dan warna yang mirip dengan jati. Perbedaan utamanya adalah tekstur kayunya yang lebih lembut dan lebih mudah dibentuk menjadi berbagai kerajinan dari kayu.

3. Kerajinan dari Kayu Trembesi

Meski kurang dikenal, kayu trembesi banyak digunakan sebagai bahan utama kerajinan dari kayu. Kayu ini memiliki keunikan yaitu warna kayu coklat tua yang dipadukan dengan warna keputihan untuk membuat lapisan pada objek.

4. Kerajinan dari Kayu Jati

Jenis kayu lainnya adalah jati atau jati. Kayu ini umumnya lebih awet dan kuat dibanding kayu lainnya.

Memiliki rona coklat muda hingga hijau. Kerajinan dari kayu jati memiliki nilai dekoratif yang tinggi, sehingga tidak heran jika harganya lebih mahal dari kayu lainnya.

Jati juga mengandung serat dan harus memiliki tekstur yang kasar agar lebih mudah dikerjakan.

Banyak digunakan dalam kerajinan dan dekorasi rumah, kayu ini sering diminati karena tahan lama karena kekuatannya yang baik dan tahan rayap.

5. Kerajinan dari Kayu Mahoni

Mahoni biasa digunakan dalam berbagai olahraga, furnitur, dan alat musik.

Kayu ini memiliki keawetan dan ketahanan yang sangat baik. Rosewood adalah kayu lunak yang mudah dibentuk.

Sayangnya, mahoni tidak tahan terhadap rayap. Kayu mahoni biasanya memiliki ciri khas warna pink pucat.

Sedemikian rupa sehingga beberapa orang berwarna merah tua, menandakan mereka berusia di atas 25 tahun. Meski tidak sekuat kayu jati, pola yang dimilikinya membuat kayu ini terlihat sangat indah dan menarik.

6. Kerajinan dari Kayu Akasia

Akasia sekilas bentuknya sangat mirip dengan jati. Kayunya juga memiliki warna coklat yang khas dan serat yang halus sehingga mudah untuk dikerjakan.

Secara umum, kayu akasia kemudian digunakan sebagai bahan kertas, dan semakin banyak orang yang membuatnya menjadi berbagai kerajinan tangan.

Jenis kayu ini juga umumnya lebih rapuh dan lebih rentan terhadap jamur dan rayap. Lebih berat dan lebih keras dari kayu jati. Namun, akasia sebenarnya jauh lebih murah dibandingkan dengan jati.

12 Produk Kerajinan dari Kayu untuk Dekorasi Rumah

Ada banyak jenis kerajinan dari kayu yang bisa Anda pilih dan gunakan di rumah Anda. Kerajinan itu sendiri tidak harus besar karena ada begitu banyak kerajinan kecil dan sederhana yang bisa Anda miliki.

Berikut 12 contoh kerajinan dari kayu untuk dekorasi rumah yang bisa menginspirasi Anda untuk mendekorasi rumah Anda.

1. Vas Bunga Kayu

Vas kayu sering digunakan untuk suasana rumah yang lebih segar, terutama jika dipasangkan dengan bunga yang lebih cerah dan cantik. Anda juga bisa menggunakan vas kayu ini untuk lebih menonjolkan suasana yang lebih alami di rumah Anda.

2. Bingkai Foto Kayu

Ada banyak jenis bingkai foto yang bisa Anda gunakan di rumah Anda, salah satunya adalah bingkai foto kayu.

Kusen yang terbuat dari kayu seringkali memiliki keunggulan karena lebih mudah dipadukan dengan berbagai warna cat dinding.

3. Lampu Hias

Anda tidak boleh sembarangan memilih lampu hias untuk setiap ruangan di rumah Anda. Pilih yang salah dan ruangan bisa terlihat tidak menarik dan tidak pada tempatnya.

Lampu hiasnya sendiri yang terbuat dari kayu dapat dengan mudah dipadukan dengan desain ruangan yang berbeda, sehingga Anda tidak perlu repot menyesuaikannya dengan desain ruangan.

4. Kalender Balok Kayu

Kalender dekoratif yang terbuat dari balok kayu memang menyenangkan. Kalender yang terbuat dari balok kayu akan memberikan tampilan futuristik pada ruangan. Kerajinan dari kayu yang unik ini juga akan membuat suasana ruangan semakin menawan.

5. Backdrop Tembok Kayu

Dinding polos pasti bisa membuat ruangan terasa kusam. Hiasi ruangan dengan backdrop kayu.

Backdrop di rumah juga bisa menjadi tempat asyik untuk berfoto selfie bersama teman atau keluarga.

6. Mainan Hias

Saat ini banyak mainan dekoratif yang terbuat dari kayu. Kerajinan dari kayu unik lainnya yang bisa dijadikan hiasan rumah yang asyik adalah mainan dekoratif dari kayu.

Maka mainan hias ini bisa menjadi hiasan yang cantik, Anda bisa mencoba meletakkannya di atas meja atau lemari di rumah.

7. Gantungan Kunci

Banyak orang menyepelekan kegunaan gantungan kunci. Kalaupun memilih gantungan kunci yang terbuat dari kayu, bisa lebih bijaksana dan meminimalisir kemungkinan kunci tergelincir atau hilang.

8. Rak Dinding atau Wall Organizer

Ada banyak jenis rak dinding atau wall organizer yang bisa Anda gunakan di rumah Anda. Langkan sendiri yang terbuat dari kayu akan membuat tampilan rumah menjadi unik dan menghidupkan suasana rumah.

9. Nampan Kayu

Salah satu cara menyajikan minuman atau makanan ringan kepada tamu adalah dengan menggunakan nampan. Selain sebagai hiasan, palet kayu memberikan kesan futuristik.

10. Alat Makan Kayu

Bosan dengan peralatan makan yang itu-itu saja? Coba ganti peralatan makan di rumah Anda dengan peralatan makan yang terbuat dari kayu. Peralatan makan kayu itu sendiri eksotis dan akan menambah kemewahan ekstra pada suasana restoran.

11. Cermin

Anda bisa menang di ruangan sempit dengan menggunakan cermin. Menempatkan cermin pada hunian akan membuat ruangan tampak lebih luas. 

Anda juga bisa menggunakan cermin dengan bingkai kayu, yang akan semakin menonjolkan tampilan cermin dan memberikan kesan ruangan yang lebih futuristik.

12. Asbak Rokok Kayu

Meski tidak ada yang merokok di rumah, asbak kayu bisa diletakkan di ruang tamu untuk menjadi dekorasi yang lebih bermanfaat.

Asbak kayu dengan tampilan yang sederhana dapat membuat ruang tamu menjadi lebih indah tanpa terlihat kosong.

13. Kerajinan dari Kayu Radio Jadul

Di zaman sekarang ini, ada teknologi radio yang diterapkan pada smartphone, tapi jangan salah, radio kayu ternyata sedang populer.

Dengan pasarnya sendiri, kerajinan radio dari kayu ini memiliki nilai seni yang tinggi dan dapat memberikan kesan antik bagi masyarakat.

Dengan bentuknya yang mungil dan apik, radio kayu ini tak hanya menjadi alat hiburan, tapi juga mempercantik setiap sudut rumah. Harga radio vintage ini berkisar antara Rp500.000 hingga jutaan rupiah.

Itulah beberapa contoh kerajinan dari kayu unik yang bisa dijadikan hiasan rumah dan memiliki banyak manfaat, sehingga Anda bisa dengan mudah menggunakannya.

Usahakan juga untuk menjauhkan kerajinan Anda dari rumah agar warnanya tetap cerah dan tidak rusak oleh kelembapan yang tinggi.

Rekomendasi Buku Terkait Kerajinan dari Kayu

1. Untung Berlipat Dari Kayu Jati

Jati merupakan kayu yang sangat diminati oleh produsen produk kayu, pedagang dan konsumen. Bahkan, telah diburu sejak zaman dahulu, karena tergolong kayu yang kuat dengan tekstur yang menarik sehingga memiliki harga jual yang tinggi.

Kualitas kayu jati di Indonesia sangat baik sehingga permintaan tidak hanya datang dari pasar lokal tetapi juga dari pasar internasional.

Namun, lamanya waktu yang dibutuhkan untuk memanen jati membuat hanya sedikit orang yang menanamnya. Oleh karena itu, pasokan kayu jati di alam semakin berkurang, dan di satu sisi harganya semakin hari semakin meningkat. Oleh karena itu, pasokan kayu jati yang ada tidak dapat memenuhi permintaan konsumen.

Nah, keberadaan kayu jati berkualitas bisa mengatasi masalah tersebut. Jati berkualitas tinggi dapat dipanen dalam waktu yang lebih singkat. Jati dengan diameter 30 cm dapat dipanen dalam waktu 10 tahun dan 45 cm dalam waktu 15 tahun.

Beberapa kayu jati premium yang sudah ada antara lain Jati Golden, Jati Solomon, Jati Super Gama dan Jati Perhutani. bahkan. Jati dapat ditanam secara polikultur. Ingin mendapat penghasilan jutaan rupiah dari tanaman jati, miliki buku ini.

2. My Potential Business: Jabon Jagoan Kayu Produktif

Dulu, industri perkayuan menggunakan 100% kayu alami. Saat ini, sebanyak 50 persen menggunakan kayu budidaya seperti jabon atau sengon. Banyak industri bertujuan untuk menggunakan 100% kayu budidaya dalam 4-5 tahun ke depan.

Buku Potensiku Usaha Kayu Produktif Master Jabon didedikasikan untuk peluang kayu budidaya cepat tumbuh seperti jabon dan sengon. Buku ini juga dilengkapi dengan cara-cara untuk mengatasi karat tumor yang menyerang Shengyuan dalam 2 tahun terakhir.

3. Struktur Kayu Analisis Dan Desain Dengan LRFD

Di satu sisi, Indonesia sebagai negara dengan hutan tropis yang luas memiliki potensi untuk mengembangkan pemanfaatan material kayu secara berkelanjutan dalam konstruksi kayu.

Namun di sisi lain, penggunaan kayu sebagai komponen utama struktur bangunan belum berkembang secepat material lain seperti beton bertulang dan baja.

Tidak banyak bangunan atau bangunan yang dibangun dengan struktur kayu. Buku ini ditulis sesuai dengan SNI 7973:2013 dan diharapkan dapat menjadi motor penggerak dalam pengembangan struktur kayu tidak hanya untuk bangunan low-rise tetapi juga untuk bangunan mid-rise.

4. Konstruksi Kayu Untuk Rumah Dan Bangunan Sederhana : Etb

Kayu merupakan bahan bangunan yang dapat diperbaharui karena berasal dari pepohonan di hutan. Kayu banyak digunakan sebagai komponen struktural (misalnya balok, lantai, dinding, dll.) dan komponen non-struktural (misalnya kelongsong dinding dan kusen jendela).

Buku ini membahas penggunaan kayu dalam membangun rumah dan konstruksi sederhana. Pembahasan dalam buku ini mencakup berbagai jenis tangga dan konstruksi rangka kayu.

Buku ini juga dilengkapi dengan ilustrasi dan penjelasan yang lebih mudah dipahami.

Demikian berbagai kerajinan dari kayu yang bernilai pengembangan tinggi diulas.Matakaca bisa mendapatkan informasi #Lebih Dengan Membaca berbagai buku terkait kerajinan dari kayu dan sejenisnya di matakaca.id. 

Rumus Energi Mekanik

Energi adalah kemampuan untuk dapat melakukan suatu usaha atau pekerjaan Pada dasarnya, energi sudah tersedia di alam. Energi memang tidak dapat tercipta atau bahkan...
Jalanbenar_user
2 min read

Ciri-ciri Reaksi Kimia dan Jenisnya

Reaksi kimia sangat penting dalam berbagai peristiwa yang terjadi di alam. Reaksi kimia seringkali dijumpai di alam, seperti hujan asam dan fotosintesis. Seperti yang...
Jalanbenar_user
1 min read

Jenis Ikan Mas Koki Cantik yang Mendunia

Siapa sih di antara Sahabat Biru yang tidak tahu dengan ikan mas koki ini? Ikan mas koki merupakan ikan hias paling popular di kalangannya....
Jalanbenar_user
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *