Cara Memperbaiki Kamera Android Yang Tidak Bisa Dibuka (Tidak Bisa Dibuka)

4 min read

Cara Memperbaiki Kamera Android Yang Tidak Bisa Dibuka

Cara Memperbaiki Kamera Android Yang Tidak Bisa Dibuka – Pasti kalian pernah mengalami sebuah masalah pada smartphone kalian terutama pada kameranya. Entah itu tidak bisa dibuka, error, failed, atau tidak bisa terhubung.

Memang spesifikasi pada handphone menjadi perhatian utama untuk para penggunanya. Terutama jika pengguna tersebut menyukai selfie, tapi sayangnya kebanyakan pengguna handphone ini sering memiliki masalah pada kameranya, entah itu jatuh, terkena air, bahkan bisa juga saat upgrade OS.

Bagi kalian jika, Handphone kalian mengalami masalah jangan terburu-buru langsung ke Service Center, cobalah beberapa tips untuk memperbaiki kamera HP yang error tersebut, supaya bisa berjalan normal lagi.

1. Restart Handphone Android Kalian Terlebih Dahulu

Cara Memperbaiki Kamera Android Yang Tidak Bisa Dibuka
Sumber : liputan6.com

Sistem pada handphone yang tidak stabil akan membuat Aplikasi tidak bisa berjalan dengan normal seperti biasanya. Sehingga, kalian jangan heran jika akan muncul kendala atau error pada saat tertentu.

Contohnya pada Aplikasi kamera, Ketika kalian membuka, tiba-tiba keluar sendiri. Atau muncul pesan “sayangnya kamera telah berhenti”

Jika kalian mengalami seperti itu, langkah pertama yang paling sederhana adalah dengan melakukan restart.

  • Tekan dan tahan tombol Power HP Anda
  • Pilih menu Mulai ulang
  • Tunggu sampai HP selesai restart

Jika sudah selesai, silakan buka kembali kamera Handphone untuk mengecek apakah sudah kembali normal atau belum.

2. Force Stop Aplikasi Kamera HP Android Kalian

Cara Memperbaiki Kamera Android Yang Tidak Bisa Dibuka
Sumber : youtobe.com

Di beberapa Handphone Android, ada beberapa Aplikasi kamera yang berjalan di latar belakang tanpa kita ketahui. Hal tersebut memang kelihatannya normal. Tetapi yang harus diperhatikan, kalau ada error pada kamera, maka errornya juga akan terus berjalan.

Jika Handphone kalian terjadi seperti itu coba perbaiki dengan langkah-langkah berikut :

  • Buka Setelan HP Android
  • Masuk ke Aplikasi
  • Cari Aplikasi Kamera kemudian buka
  • Pilih opsi Paksa Berhenti (Atau Force Stop kalau dalam bahasa Inggris)

Cara ini dapat sangat efektif untuk memperbaiki :

  • Kamera tidak merespon sama sekali
  • Kamera tidak menampilkan gambar apapun. Hanya tampilan layar hitam/gelap saja.
  • Kamera tidak bisa dibuka menunya

3. Clear Cache Dan Clear Data Aplikasi Kamera

Cara Memperbaiki Kamera Android Yang Tidak Bisa Dibuka
Sumber : fpshop.com.vn

File Cache merupakan salah satu penyebab dari berbagai macam masalah pada Aplikasi Android. Seperti pada kamera, sebenarnya file Cache ini punya tugas serta fungsi yang sangat membantu. Yaitu, untuk mempercepat kinerja suatu program.

Tetapi, terkadang terdapat juga data error yang tidak sengaja tersimpan pada Cache. Yang Dapat membuat Aplikasi menjadi bermasalah.

Jika kalian mengalami masalah seperti ini, tidak usah khawatir.

Langkah-Langkah Menghapus Cache :

  • Buka Setelan Android
  • Kemudian masuk ke menu Aplikasi
  • Cari Aplikasi kamera lalu buka
  • Kemudian ketuk tombol Hapus Data

Dengan demikian, file Cache akan terhapus. Cara ini bisa efektif untuk mengatasi sebuah masalah yaitu kamera gagal pada HP Android. 

4. Lakukan Scanning Antivirus di HP Android Kalian

Cara Memperbaiki Kamera Android Yang Tidak Bisa Dibuka
Sumber : berbagiteknologi.com

Sebenarnya untuk masalah virus di HP Android ini cukup jarang muncul dan terjadi. Tetapi,  Jarang bukan berarti nggak ada, bener kan hehehe.

Ini berhubungan dengan masalah stabilitas yang ada pada Aplikasi. Dan bisa saja menyebabkan Aplikasi kamera menjadi error. Untuk cara mengatasinya, kalian bisa melakukan Scanning menggunakan Aplikasi Antivirus. Di Google Playstore sudah tersedia dan banyak aplikasi antivirus yang recomended.

Setelah kalian selesai melakukan scanning, lakukan juga Clear Cache kamera seperti yang dibahas tadi.

5. Mengganti Aplikasi Kamera HP

Cara Memperbaiki Kamera Android Yang Tidak Bisa Dibuka
Sumber : futureloka.com

Banyak orang diluaran sana yang mempunyai pemikiran bahwa menggunakan aplikasi kamera bawaan itu bagus hehe. Tetapi tidak juga, karena aplikasi kamera yang tersedia di google playstore. Di Google Playstore, sudah tersedia banyak Aplikasi Kamera yang bisa kalian gunakan. Dan beberapa, bahkan punya Fitur yang bisa dibilang lengkap.

Seperti contoh :

  • Memberi Efek warna tertentu
  • Mengubah resolusi
  • Meningkatkan kualitas Foto
  • Dan masih banyak lagi.

Selain itu, pengaruh bagus lainnya adalah aplikais ini bisa menjadi salah satu alternatif ketika Aplikasi kamera bawaan bermasalah.

6. Factory Reset HP Android Kalian

Cara Memperbaiki Kamera Android Yang Tidak Bisa Dibuka
Sumber : youtobe.com

Jika kalian memperbaiki aplikasi kamera error dan cara-cara yang tadi masih belum berhasil untuk mengatasinya, rekomendasi selanjutnya yaitu dengan melakukan Factory Reset.

Dengan melakukan ini, sistem akan dikembalikan seperti awal waktu baru beli. Sehingga bisa sangat membantu juga untuk mengatasi kamera HP yang tidak bisa terbuka.

Cara resetnya seperti ini :

  • Masuk ke Setelan HP kalian
  • Kemudian geser kebawah dan buka menu Cadangkan dan setel ulang
  • Setelah itu silakan ketuk Kembalikan ke setelan pabrik

Setelah itu, tinggal ikuti panduan resetnya. Setelah HP restart maka keadaan sistem akan menjadi seperti semula. Agar data kalian tidak hilang, lakukan terlebih dahulu Back up. Bisa dengan cara memindahkan data ke perangkat lain seperti laptop (google drive) atau ke kartu memori.

7. Unroot HP Android Kalian

Cara Memperbaiki Kamera Android Yang Tidak Bisa Dibuka
Sumber : pugam.com

Tidak sedikit orang yang ingin melakukan ini yaitu root. Karena,ketika melakukanya keuntungan yang didapat sangat baraneka ragam. Tapi tidak selamanya begitu. Karena root ketika belum tahu cara optimalisasinya, akan mendatangkan error-error dibagian tertentu.

Bahkan jika berbicara tentang masalah kamera, error yang muncul bisa keseluruhan dari yang sedang dibahas disini. Seperti contoh :

  • Kamera tidak bisa dibuka
  • Tidak dapat terhubung
  • Muncul pesan gagal
  • Berhenti sendiri
  • Tiba-tiba keluar (Force Close)
  • Dan sebagainya

Karena itu, ketika HP kalian saat ini sedang mengalami keadaan root, bisa dicoba hilangkan aksesnya. Kemudian setelah itu lakukan reset ulang pabrik.

8. Update Sistem Android

Cara Memperbaiki Kamera Android Yang Tidak Bisa Dibuka
Sumber : wahfa.blog

Banyak orang diluaran sana yang tidak begitu peduli akan update sistem dari pengembang Android. Alasannya beraneka ragam. Diantara memang tidak butuh, size update yang terlalu besar, hingga mereka takut HP mengalami error.

Padahal, update yang kita dapat memiliki efek bagus. Yang bisa meningkatkan performa sistem dan mengatasi error, yang salah satunya terletak pada kamera.

Untuk melakukan updatenya seperti ini :

  • Buka Setelan
  • Geser kebawah dan buka menu Tentang Ponsel
  • Silakan cari dan lakukan pembaruan sistem jika tersedia

9. Service HP Android Anda

Cara Memperbaiki Kamera Android Yang Tidak Bisa Dibuka
Sumber : artmakingcolours

Kalau masih belum bisa jalan, berarti kemungkinan masalahnya bukan pada Sistem, melainkan ada pada sebuah Komponen. Penyebabnya seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Bisa karena kena air, HP jatuh, dan lain sejenisnya.

Untuk ciri dari masalah Komponen ini ada beberapa, diantaranya :

Kamera Pelangi

Kamera pelangi ini merupakan suatu kejadian dimana saat kamera dibuka, bukannya muncul gambar, justru malah muncul gambar warna-warni. Biasanya ini disebabkan karena komponen, atau karena faktor sistem.

Terdapat Garis

Jika ada garis, entah itu vertikal atau horizontal, kerusakannya bisa karena pada layar atau pada komponen kameranya. Bisa karena ada bagian dalam yang retak dan sejenisnya.

Kamera tidak ada gambar

Jika tidak ada sebuah gambar, biasanya disebabkan karena koneksi kameranya putus.

Untuk mengatasinya tentu harus dilakukan perbaikan atau penggantian pada komponen yang rusak. Jadi mau tidak mau HP harus dibongkar.

Tentu tidak semua orang bisa membongkar HP sendiri. Apalagi untuk mengganti komponen yang rusak. Maka dari itu solusi yang paling mudah ialah dengan membawa HP ke Service Center.

Untuk masalah kamera HP Android Error yang tidak bisa dibuka, tidak dapat terhubung, tidak berfungsi kadang mudah diperbaiki kadang juga susah. Jika kalian ingin mengetahui juga tentang bagaimana cara mengaktifkan kamera di laptop. Kalian bisa membaca artikel ini : Cara Mengaktifkan Kamera Laptop

Tapi kami harap dengan pembahasan tentang cara memperbaiki kamera android yang tidak bisa dibuka ini, kalian bisa mengatasi masalah HP kalian sendiri khususnya untuk masalah kamera.

Sekian, semoga bermanfaat.

One Reply to “Cara Memperbaiki Kamera Android Yang Tidak Bisa Dibuka (Tidak…”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *