Cara Memperbaiki Flash Kamera Handphone/Smartphone

3 min read

Cara Memperbaiki Flash Kamera HP

Cara Memperbaiki Flash Kamera HP – Sudah menjadi rahasia umum jika ingin mendapatkan hasil foto menggunakan kamera android/smartphone dalam keadaan yang minim akan cahaya, maka dibutuhkan bantuan lampu blitz atau biasa disebut dengan sebutan lampu flash.

Tetapi, jika dalam situasi ketika memotret pastinya kalian pernah mengalami masalah pada flash kamera kalian. hehehe

Bagi seorang yang hobi dengan fotografi tentu masalah pada kamera android seperti ini merupakan suatu hal yang sangat menganggu. Dalam masalah ini, pasti kita bertanya-tanya mengenai gimana sih cara memperbaiki flash kamera yang tidak berfungsi atau tidak bisa digunakan.

Untuk itu, disini saya akan membahas tentang bagaimana cara memperbaiki flash kamera HP dan penyebab flash kamera itu tidak bisa berfungsi.

Penyebab Lampu Flash Kamera Mati/Tidak Berfungsi

Cara Memperbaiki Flash Kamera HP
Sumber : jsctanas.fr

Untuk kalian yang suka dengan fotografi tentu masalah pada flash kamera tidak berfungsi merupakan hal yang sangat menyebalkan dan sangat menganggu. Dengan adanya masalah itu kita tidak bisa mendapatkan hasil foto yang baik, jika lampu flash pada kamera tidak berfungsi.

Lalu bagaimana jika lampu flash pada kamera HP tersebut mati atau tidak berfungsi, apa yang menyebabkan flash tersebut tidak berfungsi?

Lampu Flash Tidak Berfungsi

Lampu flash pada kamera HP tidak berfungsi atau rusak dapat disebabkan beberapa faktor. Faktor pertama yang bisa menyebabkan flash kamera mati atau tidak berfungsi yaitu lampu flash yang mati.

Jika terjadi demikian, kalian harus benar-benar mengecek lampu flash kamera HP kalian. Jika benar lampu flash kalian mengalami kerusakan, kalian harus membawanya ke tempat service HP untuk mengganti lampu flash yang mati tersebut dengan yang baru.

Tegangan Flash Sudah Tidak Ada

Faktor yang kedua yang menyebabkan lampu flash tidak berfungsi atau rusak itu bisa terjadi karena tegangan flash sudah tidak ada. Jika pada tegangan flash sudah tidak ada, maka kalian bisa mendapatkan solusinya dengan cara mengambil tegangan untuk flash kamera dengan tegangan lainya.

Tegangan yang harus kalian pakai yaitu tegangan yang memiliki daya yang sama dengan tegangan flash kamera.

Cara Mengatasi Flash Kamera HP Yang Mati

Cara Memperbaiki Flash Kamera HP
Sumber : tekno.kompas.com

Sebelum kita sama-sama membahas tentang cara mengatasi kamera flash HP yang mati, marilah kita ketahui terlebih dahulu penyebab redupnya cahaya kilat atau flash pada kamera android/smartphone kalian, saat digunakan untuk mengambil sebuah foto.

Penyebab sering kali terjadi lampu flash tidak berfungsi atau tidak menyala biasanya terletak pada pengaturan kameranya. Kebiasaan, kita lupa atau mungkin tidak tahu cara mengaktifkan lampu flash kamera HP kalian, serta ketika mode kamera tersetting mode malam.

Untuk itu, berikut cara memastikan lampu flash kamera smartphone kalian, apakah sudah hidup atau mati. Langkah-langkahnya seperti ini:

  1. Yang pertama kali harus dilakukan adalah masuk ke dalam tampilan kamera, selanjutnya tekan kiri atas gambar yang berbentuk roda bergigi, lalu pilihlah mode adegan, ketika kalian memilih mode malam, flash akan mati dengan sendirinya atau otomatis.
  2. Untuk Smartphone saat ini banyak sekali di dalamnya terdapat aplikasi yang menggunakan flash untuk menjalankan sebuah aplikasi tersebut, contohnya saja aplikasi senter pada kamera HP.
  3. Cara ini dapat kalian lakukan jika memang flash kamera hp tidak bisa dibuka atau error bukan karena lampunya yang error ataupun tegangan yang tidak ada, yaitu dengan cara mencopot atau uninstal aplikasi yang menggunakan flash. Tetapi, ingat ya bukan aplikasi kameranya yang di install.
  4. Di dalam mode adegan yang lainya, lampu flash kamera akan aktif. Pada lampu flash terdapat 4 mode aktif yaitu mode :
  • Aktif yaitu ketika foto, flash akan menyala
  • Mati yaitu ketika foto, flash tidak akan menyala
  • Isi Cahaya yaitu flash akan tetap menyala terus pada saat mengambil sebuah foto
  • Otomatis yaitu ketika berada pada tempat yang minim akan cahaya, flash akan otomatis keluar dengan sendirinya

Untuk cara diatas, merupakan cara untuk melakukan pengecekan untuk kamera Realme, dan untuk tipe smartphone lainya pengaturannya tidak jauh berbeda seperti diatas.

Apabila cara diatas masih belum bisa menyelesaikan masalah pada flash mati, mungkin kalian bisa melakukan cara berikut ini.

Cara Memperbaiki Lampu Flash Kamera Android Yang Error

Cara Memperbaiki Flash Kamera HP
Sumber : nextren.com

Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk memperbaiki lampu flash kamera android yang error atau tidak bisa digunakan :

  1. Untuk yang pertama, masuk ke pengaturan lalu buka manager aplikasi, setelah itu pilih tab yang sedang berjalan atau running kemudian cari aplikasi kamera kalian
  2. Setelah kalian sudah memilih aplikasi kamera, maka akan terdapat dua opsi. Pertama pilih clear data dahulu
  3. Kemudian pilih opsi force stop
  4. Untuk langkah berikutnya, jalankan kembali aplikasi kamera smartphone kalian seperti biasa
  5. Lalu periksa kembali apakah lampu flash kamera di smartphone kalian sudah nyala atau tetap mati

Tidak hanya itu, adapun cara dibawah ini yang sudah saya coba menggunakan HP Sony Expria  M untuk mengatasi masalah lampu flash kamera yang bermasalah, berikut caranya :

  • Hapus semua aplikasi yang menggunakan LED flash terkecuali aplikasi kamera bawaan yang ada di smartphone kalian, contohnya aplikasi senter. Lalu matikan HP smartphone kalian
  • Kemudian buka casing HP, diikuti dengan melepaskan baterai HP kalian
  • Lalu diamkan sekitar 20-30 menit
  • Selanjutnya pasangkan kembali casing beserta baterai HP kalian
  • Hidupkan kembali Smartphone kalian
  • Setelah itu perikasa aplikasi kamera dan gunakan LED flash

Jika Smartphone kalian mengalami kendala pada kameranya yang tidak bisa dibuka atau error kalian bisa membaca artikel tentang Cara Memperbaiki Kamera Smartphone Yang Error.

Jika semua cara diatas masih tidak bisa berhasil juga, kemungkinan besar rusak pada Hardware di LED flash kamera smartphone itu sendiri. Kalau sudah mengalami seperti ini bawalah HP Smartphone kalian ke service center.

Tetapi, sebelum kalian membawanya ke service center, hendaknya lakukanlah factory reset atau kembali ke setelan pabrik terlebih dahulu, dengan catatan kalian harus sudah membackup seluruh data dismartphone kalian. Agar tidak terjadi kehilangan data penting pada HP tersebut.

Cukup sampai disini dulu ya pembahasan tentang cara memperbaiki kamera flash HP yang dapat saya jelaskan, semoga dengan membaca artikel ini, flash lampu kamera kalian yang mengalami kerusakan bisa kembali normal seperti biasanya.

Semoga Bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *