Alat Alat Fotografi

4 min read

Alat Alat Fotografi

Alat-Alat Fotografi merupakan sebuah alat bantu yang bisa mendukung dalam kegiatan pemotretan untuk memaksimalkan hasil dari pemotretan yang akan kita lakukan.

Penggunaan alat bantu pemotretan seperti ini sangat berpengaruh pada hasil pemotretan yang akan kita lakukan nantinya. Selain bergantung pada alat bantu fotografi, hasil gambar atau foto yang diperoleh, juga sangat bergantung pada teknik teknik pengambilan gambar dan kreatifitas seorang fotografer untuk mengambil foto tersebut.

Alat Fotografi Filter

Alat Alat Fotografi
Sumber : Pixabay.com

Filter ini merupakan sebuah alat penyaring cahaya yang masuk, sehingga menghasilkan efek-efek tertentu yang kita inginkan dalam sesi pemotretan. Cara menggunakan filter ini sangat mudah sekali yaitu dengan cara memasangnya pada ujung lensa.

Terdapat 2 macam filter yang biasa digunakan sebagai alat fotografi, yaitu square (kotak) dan circle (bulat).

Pada penggunaan filter circle ini, kita harus sangat memperhatikan ukuran diameter lensa yang kita gunakan agar hasil foto yang didapatkan menjadi lebih bagus dan tentunya sesuai dengan keinginan kita. Namun, jika kalian menggunakan filter square, kalian harus menambahkan ring khusus yang diletakan tepat di depan lensa kamera.

Tudung Lensa

Alat Alat Fotografi
Sumber : snapshot.canon-asia.com

Salah satu sebuah alat fotografi yang bisa dipasang didepan lensa ini berfungsi untuk menghilangkan sebagian cahaya yang tidak diinginkan dan dapat menyebabkan flare jika cahaya tersebut masuk ke dalam lensa kamera.

Tripod

Alat Alat Fotografi
Sumber : Pixabay.com

Alat fotografi selanjutnya adalah sebuah alat yang memiliki kaki tiga atau biasa disebut dengan tripod.

Tripod ini berfungsi untuk menyangga sebuah kamera pada waktu pemotretan berlangsung, agar kamera yang digunakan tidak terjadi guncangan (shaking). Alat fotografi ini biasanya digunakan untuk pemotretan yang berkecepatan lambat. Alat ini juga berfungsi untuk menopang berbagai lensa dengan ukuran yang relatif panjang.

Monopod

Alat Alat Fotografi
Sumber : wedunk.com

Alat bantu fotografi selanjutnya hampir sama dengan tripod, hanya saja yang membedakan antara tripod dan monopod ini yaitu jika tripod memiliki 3 kaki untuk penopang, tetapi monopod memiliki kaki hanya satu sehingga lebih praktis dari pada tripod.

Kabel Release

Alat Alat Fotografi
Sumber : shopee.co.id

Kabel Release adalah salah satu alat fotografi yang  terbentuk mirip seperti injeksi yang lentur. Kabel ini berfungsi untuk mencegah terjadinya guncangan pada saat shutter ditekan.

Cara penggunaan kabel ini sangat mudah, yaitu tinggal dengan memasangnya pada soket kabel release yang biasanya terletak di tombol shutter.

Kabel Sinkro

Alat Alat Fotografi
Sumber : Bukalapak

untuk alat selanjutnya yaitu kabel sinkro. Alat ini memiliki fungsi untuk alat bantu dalam menyalakan tambahan flash atau bisa juga sumber cahaya lain dalam suatu pemotretan. penggunaan alat ini yaitu dengan cara menyambungkan kabel ini dari datangnya sumber cahaya tambahan ke body kamera.

Background

Alat Alat Fotografi
Sumber : univeritychurchchicago.org

Background ini merupakan benda berupa kain dengan berbagai macam pola, tekstur, gambar, serta warna yang digunakan sebagai latar belakang pemotretan di dalam studio.

Stand Background

Alat Alat Fotografi
Sumber : bukalapak

Stand Background merupakan alat fotografi yang digunakan sebagai penyangga background utama. Alat ini terdiri atas 2 stand dan dalam penggunaan bisa dinaik turunkan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Flash

Alat Alat Fotografi
Sumber : petapixel.com

Di dalam pemotretan sangat dibutuhkan dan diperlukan adanya alat bantu fotografi berupa flash ini. Alat ini biasanya digunakan pada saat pemotretan malam hari dengan cahaya yang minim.

Namun, tidak hanya malam hari alat ini digunakan. Tetapi, tidak jarang juga yang menggunakan flash ini pada waktu siang hari yang bertujuan untuk fill in flash atau biasa disebut dengan blitz dan bisa digunakan sesuai dengan jarak, kekuatan, serta fasilitas khusus yang dimiliki.

Slave Unit

Alat Alat Fotografi
Sumber : Amazon.co.uk

Slave Unit pada fotografi biasa disebut dengan sensor. Alat ini bekerja dengan cara menangkap cahaya dari sumber cahaya yang kemudian digunakan untuk menyalakan sumber cahaya lain yang tentunya sudah terhubung pada slave unit ini.

Braket Atau Holder

Alat Alat Fotografi
Sumber : id.aliexpress.com

Untuk yang satu ini wajib kalian gunakan setiap kali melakukan sebuah pemotretan. Alat ini digunakan hanya pada saat dimana perlu menggunakan flash tambahan.

Holder ini berguna untuk menyangga slave unit atau flash tambahan dalam pemotretan. Alat ini biasanya dipasang pada body kamera.

Strobe

Alat Alat Fotografi
Sumber : alienscamera.com

Strobe merupakan sebuah alat bantu fotografi yang hampir mirip dengan flash. Perbedaan antara keduanya terletak pada ukurannya. Untuk ukuran strobe lebih besar serta cahaya yang dihasilkanya pun sangat besar. Di dalam strobe terdapat sebuah sensor yang berfungsi untuk manangkap main light dari sumber cahaya utrama.

Payung Reflector

Alat Alat Fotografi
Sumber : jsp.co.id

Payung Reflector merupakan sebuah alat  yang bisa menghasilkan cahaya lebih meluas sehingga cahaya serta bayangan objek secara keseluruhan menjadi lebih lembut serta halus.

Alat ini terdiri dari berbagai macam warna. Warna standart untuk payung reflector yaitu putih, namun ada pula yang berwarna perak keabu-abuan.

Honeycomb

Alat Alat Fotografi
Sumber : indonesian.alibaba.com

Honeycomb atau biasa disebut dengan sarang tawon merupakan salah satu perlengkapan fotografi yang berbentuk bulat seperti sarang tawon (lebah).

Alat ini biasanya dipasang pada sumber cahaya. Sarang tawon memiliki fungsi untuk menghaluskan cahaya yang jatuh pada objek.

Light Stand

Alat Alat Fotografi
Sumber : fstioppers

Light Stand merupan alat bantu fotografi yang berfungsi untuk menyangga sebuah lampu studio pada saat dilakukan sebuah pemotretan.

Flash Meter

Alat Alat Fotografi
Sumber : PFD

Flash meter merupakan alat  yang digunakan untuk mengukur kekuatan sumber cahaya dalam sebuah pemotretan baik dalam ruangan maupun pemotretan luar ruangan.

Infrared Sender

Alat Alat Fotografi
Sumber : thestudiooutfitters.com

Alat bantu fotografi ini memiliki fungsi untuk mengirimkan sebuah sinar infrared yang digunakan untuk memancing flash atau lampu studio.

Trigger

Alat Alat Fotografi
Sumber : havecamerawilltravel.com

Trigger merupakan alat bantu fotografi yang memiliki fungsi hampir mirip dengan infrared sender. Yakni berfungsi untuk menyalakan lampu studio atau flash.

Perbedaan antara kedua alat ini yaitu terletak pada sumbernya. Trigger menyalakan lampu dengan menggunakan gelombang elektron.

Barndoors

Alat Alat Fotografi
Sumber : aperture.ft

Perlengkapan fotografi ini memiliki bentuk persegi empat dengan mempunyai warna yang gelap (pekat). Alat ini berfungsi untuk mengarahkan cahaya tersebut dari sumber cahaya.

Soft Box

Alat Alat Fotografi
Sumber : fodoto.com

Soft Box merupakan alat  yang memiliki bahan utamanya terbuat dari kain dengan memiliki kerangka di dalamnya yang berbentuk mirip seperti piramid. Alat ini berfungsi untuk menghasilkan sebuah sifat cahaya yang lembut. Sumber cahaya dari soft box ini berasal dari strobe.

Snoot

Alat Alat Fotografi
Sumber : Amazon.co.uk

Alat ini berfungsi untuk memusatkan cahaya pada satu titik sehingga cahaya tersebut tepat mengenai sasaran dan tidak akan melebar.

Drone

Alat Alat Fotografi
Sumber : news.wsu.edu

Mungkin ini bukan peralatan fotografi yang utama. Tapi untuk saat ini fotografi udara juga sudah menjadi sebuah tren di kalangan masyarakat.

kalian pasti akan membutuhkan peralatan fotografi di udara, oleh karena itu drone inilah sangat baik untuk dijadikan sebuah alat bantu fotografi udara.

Harddisk Ekstenal

Alat Alat Fotografi
Sumber : IDNtimes.com

Untuk alat bantu fotografi yang terakhir yaitu harddisk eksternal. Sebagai seorang fotografer kalian tentunya akan menghasilkan ratusan bahkan ribuan foto. Untuk itu sediakanlah harddisk eksternal ini untuk menyimpan semua hasil foto yang kalian potret.

 

Nah jadi, gimana sobat, sekarang kalian sudah memahami kan tentang alat bantu fotografi yang biasanya digunakan oleh seorang fotografer profesional. Semoga dengan membaca ini kalian bisa memahami dan menambah ilmu tentang fotografi.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *